Perspectives News

Dinas Perindustrian dan Dekranasda Denpasar Gelar Pelatihan Kerajinan Tas Rajutan


Pemkot Denpasar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Dekranasda, menggelar pelatihan industri kerajinan tas rajutan, di kampus ISI, Senin (22/7/2024).  (Foto: Hms Dps)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS- Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Dekranasda, menggelar pelatihan industri kerajinan tas rajutan, di kawasan kampus Institut Seni Indonesia (ISI), Senin (22/7/2024).

Dalam kesempatan itu, Asisten II Sekretariat Daerah Kota Denpasar, Anak Agung Gede Rismawan, mengungkapkan apresiasinya dan mendukung kegiatan pelatihan karena dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM serta perkembangan IKM yang sangat bergantung pada sumber daya manusia berkemampuan dan memiliki keahlian di bidang seni dan kreasi.

"Seperti arahan Bapak Wali Kota Denpasar, semua SDM dalam bidang seni dan kerajinan harus kreatif terhadap produk dan promosi tanpa merugikan lingkungan. Pelatihan ini tentu akan berdampak positif dan mampu meraih peluang dan kesempatan untuk dapat berinovasi di bidang seni dan kreasi terhadap produk tanpa mengabaikan dan merugikan  lingkungan sekitar," katanya.

Ketua panitia pelatihan ini, Tjokorda Istri Agung Diah Kencana Wati menuturkan, penggunaan produk yang ramah lingkungan sangat penting untuk menjaga dan melestarikan lingkungan dengan pencegahan dan pemanfaatan bahan ramah lingkungan salah satunya melalui industri kerajinan berbasis tas rajutan ini.

"Inovasi bisa dilakukan dan dimanfaatkan untuk menciptakan produk yang memiliki nilai ekonomis yakni dengan membuat produk tas dari bahan rajutan," tuturnya. 

Tjok Diah menambahkan, para peserta pelatihan yang berjumlah 20 orang ini, diharapkan akan dapat menghasilkan produk yang bisa menjadi produk unggulan Kota Denpasar.

Selain itu, melalui pelatihan ini, para pengusaha IKM yang bergerak di industri kerajinan dan pemula ini, ke depannya akan dapat meningkatkan pendapatan dari IKM Kerajinan Kota Denpasar. 

"Pelatihan akan digelar dari 22 - 26 Juli, dengan harapan akan ada pengembangan sumber daya manusia dan juga inovasi dalam bidang kerajinan rajutan," lanjutnya. (win/hum)

Post a Comment

Previous Post Next Post