Perspectives News

Madura Tantang Persib di Final Championship Series BRI Liga 1 2023/2024

 

Striker Madura Dalberto usai menanduk bola ke gawang Borneo FC yang dijaga Angga Saputra. Laga di semifinal leg 2 Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 itu dimenangkan Madura 3-1. (Foto: bola.net)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS - Madura United menantang Persib Bandung di final Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 setelah di leg 2 semifinal menang 3-2 atas Borneo FC di Stadion Batakan, Balikpapan, Minggu (19/5/2024).

Dengan kemenangan itu Madura United mencatatkan agregat 4-2 atas Borneo FC, dan final leg 1 bakal dilakoni di markas Persib Bandung pada Minggu (26/5/2024), dan leg 2 di markas Madura United pada Jumat (31/5/2024).

Bertandang ke markas Pesut Etam, Madura United awalnya lebih banyak bertahan dari gempuran tuan rumah dan sesekali melakukan serangan balik berbahaya.

Benar saja, mendapat tekanan bertubi-tubi akhirnya gawang Madura yang dikawal Lucas Frigeri kebobolan oleh aksi Alfharezzi Buffon memanfaatkan umpan Leo Guntara pada menit ke-12. Agregat pun berubah menjadi 1-1.

Tuan rumah besutan pelatih Pieter Huistra tak berhanti di situ, gempuran demi gempuran terus dilakukan ke kubu Madura. Sebaliknya di kubu Madura, mencoba mencari gol penyeimbang.

Tak perlu waktu lama, menit ke-19 striker Madura bertubuh gempal Dalberto menciptakan gol penyeimbang 1-1 sekaligus mengubah agregat menjadi 2-1 melalui tandukan melanjutkan umpan Francisco Rivera dari lini tengah, yang gagal diantisipasi kiper Angga Saputra.

Setelah itu jual-beli serangan disajikan kedua tim. Pemain sayap Borneo Fajar Fathur Rahman melepaskan tembakan yang melambung jauh, sedangkan balasan dari Madura melalui sepakan sudut sempit Malik Risaldi hanya mengenai jaring sisi samping gawang Borneo.

Menjelang babak pertama usai, wasit VAR menilai terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh Cleberson terhadap Felipe Cadenazzi di kotak terlarang Madura. Tinjauan VAR kemudian dilakukan oleh wasit, dan setelah melihat video rekaman kejadian, wasit memutuskan untuk memberikan hadiah penalti kepada Pesut Etam.

Eksekusi penalti menit ke-47 itu diambil penyerang asal Argentina Cadenazzi, yang dengan berani menyepak bola ke tengah untuk mengecoh kiper Lucas yang bergerak ke kanan. Skor 2-1 untuk Borneo, dan agregat menjadi imbang 2-2, yang bertahan hingga jeda laga.

Babak kedua diawali dengan saling gempur antara kedua tim. Stefano Lilipaly yang lolos dari perangkap offside, melepaskan tembakan yang dapat ditepis kiper Lucas, Madura balas mengancam melalui umpan terobosan yang dikuasai Dalberto tetapi ia hanya mampu melepaskan sepakan lemah akibat berduel dengan Silverio Silva.

Malik Risaldi kemudian menjadi pahlawan bagi Madura. Gelandang Meksiko Rivera mengirim umpan terobosan, untuk dengan mudah diselesaikan Malik yang bergerak cepat pada menit ke-58. Skor kini imbang 2-2, dan Madura memiliki keunggulan agregat 3-2.

Seakan belum puas dengan gol tersebut, Malik lantas menggenapi dwigolnya pada menit ke-67. Menerima umpan kiriman Hugo Gomes, Malik mengontrol bola sebentar sebelum melepaskan sepakan akurat yang melesak masuk ke sisi kiri gawang Borneo. Madura memimpin 3-2, dan skor agregat kembali berubah menjadi 4-2 untuk tim tamu. Skor ini tak berubah hingga laga pungkas. (djo)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama