Perspectives News

Antisipasi Banjir, Desa Pemecutan Kelod Bersihkan Sungai dan Tebar 5000 Ekor Benih Ikan


Desa Pemecutan Kelod menebar 5000 ekor benih ikan, di Sungai Umadiwang, Banjar Abiantimbul, Denpasar Barat, Jumat (26/1/2024).  (Foto: Humas Denpasar)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS- Guna mengantisipasi banjir, Desa Pemecutan Kelod melakukan bersih-bersih Sungai Umadiwang sekaligus menebar 5000 ekor benih ikan, di Banjar Abiantimbul, Desa Pemecutan Kelod, Denpasar Barat, Jumat (26/1/2024).

Kegiatan sebagai upaya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, khususnya saat memasuki musim penghujan tersebut, dilakukan bersama komunitas pegiat lingkungan Tukad Umadiwang, LPM, Prajuru serta masyarakat setempat.

Tampak seluruh elemen bahu membahu membersihkan bantaran Sungai Umadiwang dari sampah-sampah yang masih berserakan. Penebaran benih ikan nila bantuan dari Dinas Perikanan Kota Denpasar turut ditebarkan.

Perbekel Desa Pemecutan Klod, I Wayan Tantra mengatakan, kegiatan bersih-bersih ini merupakan kegiatan rutin dilakukan oleh seluruh elemen di Desa Pemecutan Kelod khususnya saat memasuki musim penghujan untuk menghindari banjir.

“Kali ini pembersihan kita fokuskan di sepanjang Sungai Umadiwang yang berada di wilayah Pemecutan Kelod. Hal ini lantaran memasuki musim penghujan, agar tidak terjadi sumbatan sampah yang akan menyebabkan banjir," ujar Tantra.

Tantra turut mengimbau masyarakat khususnya yang ada di Desa Pemecutan Kelod untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dengan memilah serta membuang sampah pada tempatnya sesuai Pergub Bali Nomor 47 Tahun 2019.

"Pembersihan seperti ini merupakan cara terakhir untuk mencegah terjadinya banjir, faktor yang terpenting adalah bagaimana masyarakat patuh untuk tidak membuang sampah secara sembarangan," ujarnya.

"Karenanya kita tidak henti-hentinya untuk mengedukasi masyarakat untuk memilah sampah berbasis sumber serta membuang sampah pada tempatnya," imbuhnya.  (arya/humas)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama