Perspectives News

Denfest Tahun Ini Gaungkan Konsep Pura, Puri dan Pasar, Libatkan 2.548 Seniman Hadirkan 178 UMKM Unggulan

 

 Wali Kota I Gusti Ngurah Jaya Negara saat menjelaskan rencana pembukaan Denpasar Festival ke-16 di Inna Bali Heritage Denpasar, Kamis (21/12/2023). (FOTO: Agus)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS - Gelaran Denpasar Festival (Denfest) ke-16 tahun 2023 siap dibuka secara resmi di Kawasan Catur Muka Kota Denpasar, Jumat (22/12/2023). Garapan inagurasi Jayastamba akan menjadi pembuka gelaran tahunan Pemkot Denpasar, yang akan berlangsung hingga Senin (25/12/2023).

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara di dampingi Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana saat jumpa media di Inna Bali Heritage Denpasar, Kamis (21/12/2023).

Jaya Negara menjelaskan, Denfest tahun ini mengusung tema Jayastamba yang bermakna pilar kejayaan. Dimana, dari tema ini turut digemakan konsep pura, puri dan pasar sebagai ikon penting pembangunan masa lampau. Konsep ini dituangkan dalam garapan inagurasi bertajuk Jayastamba dengan menghadirkan ikon-ikon Kota Denpasar.

“Harapan kami secara berkesinambungan Denfest menjadi wahana kreativitas di berbagai bidang, mulai dari seni, ekraf, teknologi, desain, modeling dan lain sebagainya yang mampu meningkatkan daya saing dan mendukung kemajuan ekonomi di Kota Denpasar,” ujarnya.

Kadis Pariwisata Kota Denpasar, Luh Putu Riyastiti mengatakan Denfest kali ini secara umum sama dengan tahun sebelumnya. Beragam segmen turut mengisi berbagai mata acara, mulai dari penampilan musik, pentas budaya, fashion show hingga cosplay competition. Tak kalah penting adalah stand kuliner dan IKM Kota Denpasar.

Dikatakannya, pembukaan Denfest ke-16 ditandai dengan pagelaran kolosal inaugurasi pembukaan yang melibatkan 2.548 seniman. Perhelatan Denpasar Festival yang akan berlangsung selama 4 hari ini didukung oleh 178 UMKM unggulan, 24 group musik dan 17 pementasan budaya.

"Kuliner telah menjadi ikon pelaksanaan Denfest, di mana masyarakat bisa menikmati street kuliner disertai beragam hiburan. Pelaksanaan Denfest menjadi platform kerja sama antara pemerintah, kaum kreatif, akademisi, bisnis, dan publik luas dalam memajukan ekosistem kreatif lokal dan regional yang sehat dan berkesinambungan,” kata Riyastiti.

Pelaksanaan Denfest diharapkan mampu mendukung distribusi beragam layanan dan produk seni, budaya, teknologi, dan kewirausahaan Denpasar di pentas nasional dan pasar internasional untuk meningkatkan kondisi kerja dan kualitas hidup UMKM.

Kordinator Inagurasi Pembukaan, I Gede Arya Swastika dijumpai saat gladi menjelaskan, garapan Inagurasi Jayastamba sebagai pembuka Denfest melibatkan 2.548 seniman, yang penggarapannya difokuskan pada empat segmen utama yakni pura, puri dan pasar.

Dalam adegan pura, kata dia, turut ditampilkan proses ritual pengerebongan, ditandai dengan iringan gong gede, Tari Rejang, pengayah tanda, Lelontekan, patih-patih sikep poleng dan prosesi pemutaran atau ngider bhuana. Selanjutnya untuk konsep Puri yang digambarkan dengan panji panji kerajaan, diiringi baris dan legong. (ags)

Post a Comment

Previous Post Next Post