Perspectives News

Universitas STEKOM Semarang Undang Kepala SMK/SMA/BKK/KWU Ikuti Diskusi Vokasi Nasional


 

SEMARANG, PERSPECTIVESNEWS- Universitas STEKOM (Sains dan Teknologi Komputer) Semarang mengundang Kepala SMK/SMA/BKK/KWU se Provinsi Bali dalam ‘Diskusi Vokasi Nasional dan Expo Kewirausahaan SMK’ dalam acara 1st Indonesian Vocational Link and Match.

Diskusi vokasi ini bekerjasama dengan PERKIVI (Perkumpulan Komunitas Industri dan Vokasi), PTIC (Perkumpulan Teacherpreneur Indonesia Cerdas), didukung Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Provinsi Bali, Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Kadin Provinsi Bali beserta seluruh stakeholder, digelar Jumat - Senin (17 – 20 November 2023), di Aston Denpasar Hotel & Convention Center, Jl. Gatot Subroto Barat, Denpasar.

Rektor STEKOM Semarang, Dr. Joseph Teguh Santoso, M.Kom dalam rilis, Minggu (12/11/2023) menjelaskan, pihaknya mengundang kepala sekolah, wakil kepala sekolah, ketua & pengurus BKK, serta guru kewirausahaan untuk dapat turut mendukung dan menyukseskan kegiatan tersebut.

“Diskusi diselenggarakan sebagai bentuk tindakan nyata turut melaksanakan Perpres 68 tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi dan dalam rangka memperkuat dan mengakselerasi link and match antara institusi pendidikan dan dunia usaha dan industri,” jelas Rektor.

Ditambahkan, dalam Peraturan Presiden ini (Pasal 1 ayat 1) yang dimaksud dengan Pendidikan Vokasi adalah pendidikan menengah yang menyiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dan/atau berwirausaha dalam bidang tertentu dan pendidikan tinggi yang menyiapkan mahasiswa untuk bekerja dan/atau berwirausaha dengan keahlian terapan tertentu.

“Dalam hal ini lulusan SMK/SMA/MA yang tidak meneruskan studi lanjut ke pendidikan tinggi termasuk dalam peserta didik yang perlu disiapkan dan diberikan pendidikan vokasi untuk bekerja dan/atau berwirausaha,” tandasnya.

Untuk itu sangat diperlukan kerjasama, sinergitas dan kolaborasi antar seluruh stakeholder, ekosistem yang mendukung bersama pemangku kepentingan, harmonisasi pendidikan vokasi sehingga sesuai dengan kebutuhan dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja serta strategi yang sejalan dengan strategi industri.

“Dalam konteks ini, kami mengajak seluruh ekosistem untuk bersama-sama hadir dalam ‘1st Indonesian Vocational Link and Match 2023’, sebuah acara yang bertujuan untuk memperkuat ekosistem vokasi kemitraan dan kerjasama harmonisasi antara seluruh stakeholder terkait,” lanjut Rektor.

Vokasi akan memberikan berbagai peluang dan benefit diantaranya :

1.    Kesempatan untuk menjalin kemitraan dengan perusahaan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan ratusan perusahaan.

2.    Workshop bersertifikat 32 JP yang akan memberikan wawasan praktis yang bermanfaat mengenai pengelolaan E-BKK serta Tracer Study melalui sebuah platform yang terintregrasi langsung dengan pasar kerja. (Toploker.com ).

3.    Sharing dan Diskusi: Para pemimpin industri terkemuka akan berbagi pengalaman dan wawasan tentang perkembangan terkini dalam industri, tantangan yang dihadapi, dan peluang yang ada.

4.      Expo Kewirausahaan produk Vokasi (10 institusi terpilih di Provinsi Bali).

Melalui ‘1st Indonesian Vocational Link and Match 2023’, diharapkan dapat membangun kemitraan yang lebih erat antara institusi vokasi, institusi pendidikan, industri dan siswa.

“Kami meyakini bahwa dengan memperkuat hubungan ini, kita dapat menghasilkan lulusan vokasi yang berkualitas, sesuai dengan kebutuhan pasar kerja yang terus berkembang,” sebut Rektor.

Untuk link pendaftaran melalui link berikut: https://ivlm.stekom.ac.id/spesial. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Bapak Josh -  08564-9999-000, atau kontak lainnya dapat dilihat di : https://linktr.ee/csivlm.

Post a Comment

Previous Post Next Post