Perspectives News

Spanyol, Mali dan Uzbekistan ke 16 Besar Wakil Grup B

 

 

Timnas U-17 Mali saat pesta gol ke gawang Timnas U-17 Kanada pada penyisihan terakhir Grup B di Stadion GBT Surabaya, Kamis (16/11/2023) (FOTO: Doc. LOC WCU17/NFL)

SURABAYA, PERSPECTIVESNEWS – Tiga tim dari Grup B masing-masing Spanyol, Mali, dan Uzbekistan lolos ke 16 besar atau fase gugur Piala Dunia U-17 setelah melakoni laga terakhir penyisihan grup, Kamis (16/11/2023).

Bermain di Stadion Manahan, Solo, Spanyol ditahan imbang 2-2 oleh Uzbekistan, sedangkan dalam waktu bersamaan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Mali menang 5-1 atas Kanada.

Dari hasil ini, Spanyol keluar sebagai juara Grup B dengan nilai 7, disusul Mali dengan nilai 5 sebagai runner up, dan peringkat ketiga Uzbekistan dengan nilai 4. Dengan demikian Uzbekistan menjadi tim peringkat tiga terbaik dan berhak ke babak 16 besar.

Kanada menjadi juru kunci karena sebanyak tiga kali laga semuanya gagal memetik poin, dan yang terakhir kalah 1-5 dari Mali.

Lima gol Mali dicetak Ibrahim Diarra (14’) Mahamoud Barry (26’), Ibrahim Kanate (73’), Hamidou Makalou (77’), dan Ousmane Thiero (90+1’). Satu gol balasan Kanada sempat muncul lewat Richard Chukwu (45’).

Pelatih Kanada Andrew Olivieri me
ngungkapkan kekecewaan atas hasil pertandingan ini. Namun, dia tetap memberi apresiasi untuk anak asuhnya yang mau terus berjuang sampai menit akhir.

“Saya pikir turnamen ini secara keseluruhan menyakitkan. Karena tidak mampu meraih kemenangan, kami tidak bisa melaju ke babak berikutnya. Namun kami terus berjuang dan terus berusaha hingga akhir,” kata Olivieri.

“Saya pikir penting bagi mereka untuk menunjukkan semangat dan keberanian saat mereka melakukannya. Maksud saya, itulah titik awalnya. Saya bilang ke mereka di luar sana, itu pondasinya. Kemudian semuanya harus tumbuh dari sana. Kita harus mengembangkannya. Dan saya pikir malam ini adalah pertarungan terbanyak yang mereka tunjukkan,” ucapnya.

 Sementara pelatih Mali, Soumaila Coulibaly, mengaku bersyukur bisa mendapatkan tiga poin. “Kami sangat senang dengan hasil ini. Sekarang hari ini sangat baik. Cuacanya sempat panas, sebelum pertandingan hujan. Saya melihat laga berikutnya akan lebih baik,” imbuhnya.

Status runner-up Grup B membuat Mali akan kembali bertanding di Stadion GBT dalam babak 16 besar pada 21 November 2023. Mereka akan berjumpa dengan runner-up Grup F. (djo)

Post a Comment

Previous Post Next Post