Perspectives News

Piala Dunia U-17: Iran Kejutkan Dunia setelah Kalahkan Brasil 3-2

 

Pesepak bola Timnas Iran Amirmohammad Razaghinia melakukan tendangan salto saat laga melawan Brazil pada babak penyisihan Grup C Piala Dunia U-17 di JIS, Jakarta, Sabtu (11/11/2023). (FOTO: antara).

JAKARTA, PERSPECTIVESNEWS – Kejutan terjadi di Grup C Piala Dunia U-17 2023. Iran yang tertinggal 0-2 dari Brasil, akhirnya membalikkan keadaan menjadi 3-2 saat kedua tim bentrok di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Sabtu (11/11/2023) malam.

Gol Brasil terjadi pada menit ke-29 melalui tendangan keras dan terukur Rayan  dari luar kotak penalti, yang gagal diantisipasi kiper Iran, Shakouri.

Selanjutnya, menit ke-39 tim Samba Brasil memperbesar keunggulan menjadi 2-0 melalui sepakan Lorran setelah melakukan taka tiki dengan Rayan. Sebenarnya kiper Iran bisa mengantisipasi, tetapi karena sempat membentur bek Iran Zamani, bola meluncur masuk ke gawang Shakouri.

Defisit dua gol, Iran bereaksi untuk memperkecil ketertinggalan. Beberapa kali peluang tercipta, namun gagal dikonfersi menjadi gol. Hingga jeda laga, skor 2-0 untuk Brasil tak berubah.

Babak kedua, Iran terus menekan pertahanan tim Samba. Namun gol yang diharapkan baru tercipta pada menit ke-53. Sontekan dari Yaghoob Barajeh tak mampu dibendung Gabriel, skor berubah 1-2 masih untuk keunggulan Brasil.

Pada menit ke-62, Iran memperoleh peluang emas namun sundulan dari Amir masih melebar dari gawang. Menit ke-68 melalui skema serangan balik cepat, Iran menyamakan kedudukan melalui sepakan Kasra Taheri usai memanfaatkan umpan jauh dari kiper Shakouri.

Kemudian, melalui skema serangan balik cepat kerja sama antara Kasra mampu dimanfaatkan Gholizadeh untuk membawa Iran membalikkan kedudukan menjadi 3-2 pada menit ke-73.

Brasil berada dalam tekanan besar dalam mencoba menyamakan kedudukan, meski pemainnya memperagakan serangan dari kaki ke kaki. Sundulan dari Estevao pada menit ke-79 masih melebar dari gawang Shakouri. Shakouri mematahkan upaya tembakan jarak jauh Luighi pada menit ke-82.

Di sisa waktu babak kedua termasuk 9 menit tambahan waktu, Iran memperkuat lini bertahan mereka dan sesekali melakukan serangan balik untuk mempertahankan keunggulan. Bahkan lini depan Iran masih sempat membuat repot barisan belakang Brasil. Hingga wasit meniup peluit tanda laga pungkas, kemenangan Iran 3-2 atas Brasil tak tergoyahkan.

Dengan perolehan tiga poin menempatkan Iran di peringkat kedua klasemen sementara Grup C. Iran hanya kalah selisih gol dari Inggris yang menjadi pemimpin klasemen sementara usai menang atas Kaledonia Baru 10-0. (djo)

Post a Comment

Previous Post Next Post