Perspectives News

Pemanfaatan Online Toploker, Universitas STEKOM Teken Perjanjian Kerjasama dengan Pemprov. Bali

 




Foto bersama usai pembukaan 1st  Indonesian Vocational Link and Match 2023, di Aston Denpasar Hotel & Convention CenterDenpasar, Jumat (17/11/2023).  (Foto: Dok)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS- Univesitas STEKOM (Sains dan Teknologi Komputer) Semarang menandatangani perjanjian kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Bali tentang Pemanfaatan Aplikasi Bursa Kerja Khusus (BKK) Online Toploker dalam Implementasi Link and (Super) Match pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri dan Swasta se-Bali.

Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan usai pembukaan 1st  Indonesian Vocational Link and Match 2023, di Aston Denpasar Hotel & Convention Center, Denpasar, Jumat (17/11/2023).

Rektor STEKOM Semarang, Dr. Joseph Teguh Santoso, M.Kom merangkap sebagai ketua panitia menjelaskan, penandatanganan perjanjian kerjasama ini merupakan kolaborasi dan kemitraan antara STEKOM Semarang dengan Pemprov. Bali untuk mempertemukan antara lulusan SMK/SMA/MA dengan pelaku industri.

“Sungguh luar biasa. Acara yang kami gelar di Bali ini berjalan sukses. Tahun depan akan kami selenggarakan kembali di Bali. Semoga harapan kami agar para lulusan SMK/SMA/MA yang tidak meneruskan studi lanjut ke pendidikan tinggi, bisa bekerja dan atau berwirausaha. Itulah mengapa kami berusaha menjembatani dua kepentingan tersebut untuk bisa berkolaborasi dan bermitra melalui event ini,” terang Rektor Joseph.

Joseph menambahkan, event yang digelar dari 17 – 20 Nopember 2023 itu diisi dengan berbagai materi dan pemateri kompeten di bidangnya melalui diskusi vokasi kepada peserta didik maupun guru kewirausahaan agar mereka lebih siap ketika masuk bursa kerja.

Untuk itu sangat diperlukan kerjasama, sinergitas dan kolaborasi antar seluruh stakeholder, ekosistem yang mendukung bersama pemangku kepentingan, harmonisasi pendidikan vokasi sehingga sesuai dengan kebutuhan dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja serta strategi yang sejalan dengan strategi industri,” tambah Joseph.

Melalui ‘1st Indonesian Vocational Link and Match 2023’, diharapkan dapat membangun kemitraan yang lebih erat antara institusi vokasi, institusi pendidikan, industri dan siswa.

 

“Kami meyakini bahwa dengan memperkuat hubungan ini, kita dapat menghasilkan lulusan vokasi yang berkualitas, sesuai dengan kebutuhan pasar kerja yang terus berkembang,” sebut Rektor.

 

Pemanfaatan aplikasi Bursa Kerja Khusus (BKK) Online Toploker dalam implementasi Link and (Super) Match pada SMK Negeri dan Swasta se-Bali, diyakini Joseph akan membawa implikasi positif. Apalagi di era IT saat ini, bursa kerja terbuka luas, tinggal bagaimana link and match ini bisa terwujud dengan baik.

 

Diskusi Vokasi Nasional disertai Expo Kewirausahaan SMK ini bekerjasama dengan Perkivi (Perkumpulan Komunitas Industri dan Vokasi), PTIC (Perkumpulan Teacherpreneur Indonesia Cerdas), didukung Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Provinsi Bali, Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Kadin Provinsi Bali beserta seluruh stakeholder terkait.

 

Beberapa pemateri yang dihadirkan diantaranya, Wikan Sakarinto,ST.,M.Sc.,Ph.D dan Prof. Slamet PH, MA., MEd., MLHR.MA.,Ph.D.,  (lan)

 

 

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama