Perspectives News

Gol Penalti Brunner Bawa Jerman ke Semifinal Piala Dunia U-17

 

Paris Brunner dan pemain Jerman lainnya melakukan selebrasi usai melesakkan tendangan penalti ke gawang Spanyol dalam laga perempat final Piala Dunia U-17, Jumat (24/11/2023) di Jakarta International Stadium Jakarta. (FOTO: LOC WCU17/BRY)

JAKARTA, PERSPECTIVESNEWS - Gol melalui tendangan penalti yang dilakukan Paris Brunner ke gawang Spanyol menit ke-62 membawa Timnas Jerman U-17 melaju ke babak semifinal Piala Dunia U-17 2023.

Laga Timnas Jerman U-17 kontra Timnas Spanyol U-17 di perempat final berlangsung di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Jumat (24/11/2023). Sejak menit awal babak pertama, Spanyol mendominasi permainan atas Jerman. Kendati begitu pemain depan Spanyol agaknya kesulitan membobol gawang Jerman.

Mendapat tekanan bertubi-tubu, Jerman merapatkan lini bertahan mereka. Penggawa besutan pelatih Christian Wueck, lambat namun pasti berhasil keluar dari tekanan Spanyol. Mereka pun sesekali melakukan serangan balik yang mengancam gawang Spanyol.

Pemain tengah Jerman, Darvich di sisi kiri pertahanan Spanyol kerap merepotkan. Menit ke-36, Darvich bahkan mampu melepaskan tembakan melengkung dari luar kotak penalti. Namun masih bisa diblok kiper Spanyol Raul Jimenez. Hingga jeda laga skor masih 0-0.

Babak kedua, Jerman balik mendominasi permainan atas Spanyol, tetapi pergerakan dari dua sektor sayap masih belum bisa membongkar pertahanan Spanyol. Menit ke-51, Guiu mendapatkan peluang emas melalui sepakan dari luar kotak penalti, tapi Schmitt dapat menepis bola untuk menjaga kedudukantetap imbang.

Pada menit ke-62, petaka terjadi di kubu Spanyol. Pemain energik Jerman, Paris Brunner meliuk-liuk dan lolos ke dalam kotak penalti, namun langkah Brunner langsung dihentikan oleh Hector Fort. Wasit yang berada di dekat kejadian langsung menunjuk titik putih.

Brunner yang menjadi algojo penalti, memperdaya Raul Jimenez dengan mengarahkan bola ke sisi kiri sementara Jimenez bergerak ke arah sebaliknya. Skor 1-0 untuk keunggulan Jerman.

Spanyol mencoba bereaksi terhadap defisit gol tersebut dengan meningkatkan tekanan. Statistik penguasaan bola pun hingga menit ke-75, Spanyol menguasai 62% bola sementara Jerman menguasai 38%.

Kendati begitu belum jaminan penguasaan bola yang prosentasenya lebih besar bisa memenangkan laga. Terbukti hingga wasit meniup peluit panjang tanda selesainya laga, kemenangan Jerman 1-0 atas Spanyol tak berubah. (djo)

 

Post a Comment

Previous Post Next Post