Perspectives News

Buang Puntung Rokok Sembarangan, Kebakaran Lahan Kembali Terjadi di Kelurahan Loloan Barat


Mobil Damkar Jembrana saat memadamkan kebakaran di lokasi kejadian Kelurahan Loloan Barat, Kecamatan Negara, Jembrana, Minggu (29/10/23). (Foto: Yus)

JEMBRANA, PERSPECTIVESNEWS- Kebakaran lahan gambut kembali terjadi di Kelurahan Loloan Barat, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Minggu (29/10/2023).

Hal ini terjadi lantaran ada pelayat membuang puntung rokok ke TKP yang kebetulan area tersebut masih dalam lahan pemakaman umum Jawa yang ditumbuhi pepohonan bambu dengan guguran daun yang mengering.

Kepala Lingkungan Terusan, Kelurahan Loloan Barat, Jainal Arifin saat ditemui di lokasi menjelaskan jika dirinya diinformasikan oleh warga bahwa telah terjadi kebakaran di sungai mati sebelah pemakaman umum Jawa.

"Salah seorang warga menginformasikan saya, lalu saya kesini (TKP) untuk melihat keadaan, sempat juga bersama Kepala Lingkungan Ketugtug, Kelurahan Loloan Timur, Nurrudin karena yang dikuburkan adalah warganya, berjibaku memadamkan api tersebut, namun api terus menjalar ke arah selatan, saya langsung memanggil pemadam untuk antisipasi," jelas Jainal.

Jainal juga menambahkan, jika kejadian kebakaran di lokasi ini sudah beberapa kali terjadi. "Baru-baru ini juga, di sini sempat terjadi kebakaran namun kita dapat mengantisipasi dengan memakai mesin pompa air, dengan dibantu warga sekitar," imbuhnya.

Ke depan dirinya bersama pihak Kelurahan Loloan Barat akan memasang banner peringatan untuk tidak membakar sampah demi keselamatan kita bersama.

Dari laporan tertulis yang diperoleh dari Damkar Jembrana bahwa pihaknya menerjunkan empat armada dengan 30 menit waktu penanganan dan menghabiskan 4500 liter air.

Kepala Satua Polisi Pamong Praja Jembrana, I Made Leo Agus Jaya mengharap kejadian ini sebagai pelajaran ke depannya, mengingat musim kemarau yang masih melanda di Jembrana.

"Kita imbau masyarakat selalu berhati-hati membakar sampah dan membuang puntung rokok maupun kegiatan lain yang berpotensi menyebabkan kebakaran.," tutupnya.  (suf)

Post a Comment

Previous Post Next Post