Perspectives News

Tercatat 20 MOU Saat Pembukaan HUB.ID Partner Day X Nex-Be Fest 2023

 

Prosesi MOU & Agreement Signing pada pembukaan HUB.ID Partner Day X Nex-Be Fest 2023, di Nusa Dua, Bali, Rabu (13/9/2023).  (Foto: perspectives)

BALI, PERSPECTIVESNEWS- Cukup membanggakan. Di hari pertama dan saat pembukaan HUB.ID Partner Day X Nex-Be Fest 2023, telah tercatat 20 MOU & Agreement Signing. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi besar dalam ekonomi digital.

MOU antara startup dan berbagai korporasi industri tersebut, menurut Nezar Patria selaku Wakil Menteri Kemkominfo RI merupakan sinergi dan kolaborasi antara startup dan mitra bisnis dari berbagai sektor, baik itu BUMN, Korporasi Swasta, Pemerintah Pusat dan Daerah, serta Organisasi Riset (Universitas).

“Semakin banyaknya MOU juga seiring dengan banyak masuknya investasi untuk usaha baru yang berbasis teknologi. Startup perlu didukung membangun jejaring yang kuat dengan mitra strategis bagi pertumbuhan startup seperti yang dilaksanakan pada HUB.ID Partner Day x Nex-Be Fest 2023,” terang Nezar Patria dalam konferensi pers, di Grand Hyatt Hotel, Nusa Dua, Bali, Rabu (13/9/2023).

Nezar Patria menambahkan, melalui HUB.ID yang dioperasikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika berkolaborasi dengan MDI Ventures, pembelajaran dari fenomena tech winter yang menekankan pada pentingnya membangun produk yang tepat dengan model bisnis yang profitable dan scalable bakal terwujud.

HUB.ID Partner Day x Nex-BE Fest yang diadakan di Bali, 13-14 September 2023, hadir untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital.

Kegiatan HUB.ID Partner Day x Nex-BE Fest kali ini mengusung tema ‘Fostering Synergy Networks for Stronger Digital Economic Growth’ dan dihadiri Nezar Patria (Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika), Semuel Abrijani Pangerapan (Direktur Jenderal Aplikasi Informatika), I Nyoman Adhiarna (Direktur Ekonomi Digital Kemkominfo), Tedi Bharata (Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN), jajaran direksi BUMN, Telkom Group, dan sejumlah korporasi swasta.

Selama dua hari berjalan, acara HUB.ID Partner Day x Nex-BE Fest 2023 diisi dengan startup exhibition yang menghadirkan booth untuk 25 startup binaan HUB.ID Accelerator yang bisa memperkenalkan brand dan produknya.

Ada kegiatan diskusi panel oleh panelis profesional dengan tema ‘Accelerate Digital Ecosystem Building Through Startup x Enterprise Collaboration’ yang dipandu oleh moderator Mia Melinda (CEO TMI) dan ‘Moving Beyond Digital Experimentation to AI Initiatives at Scale’ yang dipandu Sandhy Widyasthana (CEO MDI PTE LTD).

Setelah diskusi panel berakhir, dilanjutkan dengan kegiatan utama dalam gelaran acara HUB.ID x Nex-BE Fest 2023 yaitu Business Matchmaking yang mempertemukan 80 startup binaan HUB.ID Accelerator dan Telkom Group dengan 80 mitra bisnis selama 2 hari berlangsung dengan 6 sesi meeting setiap harinya.

Kegiatan ini adalah salah satu solusi dari Kemkominfo yang membantu pertumbuhan bisnis startup digital.


Presscon yang dihadiri diantaranya Nezar Patria (Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika), Semuel Abrijani Pangerapan (Direktur Jenderal Aplikasi Informatika), I Nyoman Adhiarna (Direktur Ekonomi Digital Kemkominfo), Tedi Bharata (Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN).  (Foto: perspectives)

Dirjen Aplikasi Informatika, Semuel dalam presscon menyampaikan, “Pemerintah, dalam hal ini secara khusus Kominfo, telah bergerak secara dinamis, tidak lagi hanya sebagai regulator, tetapi juga fasilitator dan akselerator. Pertumbuhan startup digital di Indonesia telah dimulai dengan membentuk gerakan untuk mengangkat ide-ide inovatif, lalu bibi-bibit founders, sampai kemudian ada pengembangan SDM yang berstandar kompetensi global. Semua kebijakan dan program di sisi hilir tersebut, harus didukung dengan adanya dukungan di sisi hulu yang dibutuhkan startup digital setelah mendapatkan talent, dan tentunya adalah bisnis berkelanjutan,” terang Semuel.

Terjadinya sinergi dan kolaborasi antara startup dan berbagai korporasi selama dua hari dalam acara HUB.ID Partner Day x Nex-BE Fest 2023 diharapkan dapat menciptakan solusi-solusi baru yang positif baik mutual maupun beneficial bukan cuma untuk startup tapi juga untuk seluruh Business Partner yang terlibat.  (lan/*)

Post a Comment

Previous Post Next Post