Perspectives News

Menembak Sumbang Medali Emas Pertama untuk Indonesia di Asian Games 2022

 

Muhammad Sejahtera Dwi Putra persembahkan emas pertama kepada Indonesia di Asian Games 2023 (FOTO: Perbakin/okz)

HANGZHOU – Indonesia melejit ke posisi delapan daftar perolehan medali Asian Games 2022 setelah cabang olahraga menembak meraih medali emas pertama bagi kontingen Merah Putih, Senin (25/9/2023).

Dengan tambahan satu medali emas, Indonesia total telah mengemas 6 medali terdiri dari 1 emas, 1 perak, dan 4 medali perunggu. Emas pertama Indonesia dipersembahkan petembak Muhammad Sejahtera Dwi Putra setelah mencatatkan skor tertinggi pada nomor 10 meter running target perorangan putra.

Tera, begitu lelaki ini akrab disapa, total mencatatkan skor 578-15x, pada pertandingan menembak yang diselenggarakan di Fuyang Yinhu Sports Centre, Hangzhou.

Pesaing terdekat Tera adalah petembak Vietnam Ngoo Huu Vuong yang meraih medali perak dengan catatan 571-10x. Sedangkan medali perunggu dimenangi oleh petembak Korea Selatan Nguyen Tuan Anh dengan catatan skor 565-14x.

Selain pada kategori 10 meter runnung target, Tera juga menyumbang medali perunggu sebagai anggota tim 10 meter running target beregu.

Tim Indonesia yang terdiri dari Tera, Akbar Muhammad Badri, dan Julio Irfandi berada di posisi ketiga dengan catatan 1667 poin (33). Mereka hanya kalah bersaing dengan tim Korea Selatan dengan 1668 poin (39) yang memenangi medali emas, dan Korea Utara dengan 1668 poin (29) yang meraih medali perak.

Ditinjau

Sementara itu, Chef de Mission Basuki Hadimuljono meninjau langsung perjuangan para atlet Merah Putih yang berlaga di sejumlah cabang olahraga Asian Games Hangzhou, dan mengobarkan semangat dengan mengingatkan bahwa perjuangan Indonesia masih panjang.

Pada hari kedua penyelenggaraan Asian Games ke-19 tersebut Indonesia telah mengantongi satu medali emas dari menembak, satu medali perak dari wushu dan tiga medali perunggu dari cabang dayung.

"Dua hari ini masih awal, kita baru mulai. Kalau sudah sampai pertengahan kita akan lihat (evaluasi)," kata Basuki setelah menyaksikan tiga nomor final tim dayung Indonesia di Fuyang Water Sports Centre, Senin (25/9/2023).

Basuki Hadimuljono yang juga Menteri PUPR itu sangat mengapresiasi prestasi tim Merah Putih dan yakin dapat mendulang medali dari cabang-cabang lain yang belum dilombakan.

"Kita teruskan saja (perjuangan). Nanti ada panjat tebing. Tenis kita juga masuk. Sepak bola alhamdulillah kita lolos 16 besar meskipun ditentukan oleh hasil pertandingan lain," kata Basuki.

Pada Asian Games Hangzhou, Indonesia mengirimkan 413 atlet serta 135 ofisial yang akan terlibat di 30 cabang olahraga, 41 disiplin, dan 202 nomor pertandingan. Indonesia memasang target meraih 12 medali emas pada pesta olahraga terbesar di Asia itu. (djo/ant)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama