Perspectives News

Jaya Negara Serahkan Hadiah Juara Lomba Bapang Barong Ket dan Mekendang Tunggal


Jaya Negara menyerahkan hadiah juara lomba Bapang Barong Ket dan Mekendang Tunggal, di Denpasar, Jumat (22/9/2023).  (Foto: Humas Denpasar) 

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS- Lomba Bapang Barong Ket dan Mekendang Tunggal Remaja Kota Denpasar Tahun 2023 berlangsung sukses. Ajang tahunan pencarian bibit seniman menetapkan para juaranya di Lapangan Puputan I Gusti Ngurah Made Agung Denpasar, Jumat (22/9/2023).

Tak ketinggalan, setelah menonton seluruh penampilan pada hari pertama, Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Wali Kota, I Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gustu Ngurah Gede dan Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana kembali hadir berbaur dengan masyarakat menyaksikan kembali pementasan di hari kedua. Dalam kesempatan tersebut, turut diserahkan Piala, Piagam dan Uang Pembinaan bagi pemenang lomba.

Adapun untuk Lomba Bapang Barong Ket Juara I diraih Pasangan I Made Adi Wiguna dan I Wayan Dewangga Mardheya, Juara II diraih I Komang Agastya Nandha  dan I Kadek Satya Sastra Weda, Juara III diraih I Ketut Satuedi dan I Putu Gede Ary Hendrawan, sedangkan Juara Harapan I diraih I Putu Saskara Juniartha Putra dan I Gede Dana Suwandita.

Juara I Lomba Mekendang Tunggal diraih I Wayan Agus Hery Wahyudi , Juara II diraih I Komang Wahyu Nugraha Dewata, Juara III diraih I Nyoman Adi Swarna, dan Juara Harapan I diraih Dwi Marta Adi Suryantara.

Usai pelaksanaan lomba, Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Wakil Wali Kota I Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan, Pemerintah Kota Denpasar menggelar Lomba Tari Bapang Barong Ket dan Mekendang Tunggal Remaja ini sebagai upaya memberikan pembinaan dan pengembangan sekaligus pelestarian sebuah kesenian sakral khususnya tari barong yang ada di Kota Denpasar.

Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada para generasi muda menujukkan tehniknya serta memanfaatkan olah kreativitas tangan dalam permainan kendang.

Jaya Negara juga mengapresiasi antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan ini. Dimana, secara umum seluruh peserta telah memberikan penampilan terbaiknya.

Ia juga mengingatkan seluruh seniman muda agar memperhatikan teknik Ngunda Bayu. Sehingga penari tidak tergesa-gesa menjalang akhir pementasan lantaran kehabisan tenaga dan waktu saat pementasan. Keberhasilan lomba ini setiap tahunya menjadi angin segar dalam mendukung kemajuan seni di Kota Denpasar, khususnya kesenian Barong Ket.

"Sebagai Kota yang heterogen, lomba ini diikuti oleh peserta yang lumayan banyak, nantinya pemenang lomba akan terus dilaksanakan pembinaan untuk disiapkan sebagai Duta Kota Denpasar, kami bangga melihat anak-anak muda tetap berkreatifitas dan tidak kehilangan jati diri," ujar Jaya Negara.  (humas)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama