Perspectives News

Hiu Tutul Raksasa Terdampar di Pantai Banjar Yeh Kuning, Pekutatan



Hiu Tutul raksasa  yang terdampar di Pantai Banjar Yeh Kuning, Pekutatan, Jembrana, Jumat (29/9/2023).  (Foto: Yus) 

JEMBRANA, PERSPECTIVESNEWS- Kehebohan terjadi di pesisir Pantai Banjar Yeh Kuning, Desa Pekutatan, Jembrana, ketika sebuah Hiu Tutul (Rhincodon Typus) raksasa ditemukan terdampar di Banjar Yehkuning, Desa Pekutatan, Jembrana, Jumat (29/9/2023).

Temuan ini menjadi perbincangan hangat warga setempat yang datang untuk melihat langsung fenomena langka ini.

Dari informasi di lapangan, Hiu Tutul yang ditemukan memiliki panjang mencapai 7,5 meter dengan lingkar perut sekitar 3,5 meter.

Petugas Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Jembrana, Nopen Setiawan, menjelaskan, ini adalah kali kedua temuan Hiu Paus di pantai mereka dalam tahun ini, dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan temuan sebelumnya.

"Ini kali kedua kita temukan di Jembrana, sebelumnya hal serupa kita dapati di Desa Air Kuning, Jembrana," ujarnya.

Menurut Nopen, penyebab terdamparnya Hiu Paus ini masih menjadi misteri. "Dugaan awal adalah bahwa Hiu Paus ini mungkin mencari makanan terlalu dekat ke pinggir pantai dan mengalami benturan dengan karang, meskipun tidak ditemukan bekas jaring nelayan," katanya.

Tim dokter hewan dari Jaringan Satwa Indonesia (JSI) Bali sudah hadir di lokasi untuk melakukan nekropsi atau pembedahan terhadap bangkai Hiu Paus ini. Hasil pemeriksaan ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang penyebab kematian hewan laut yang dilindungi Undang-Undang ini.

Sementara itu, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jembrana juga bersiap untuk melakukan penguburan di sekitar lokasi temuan setelah proses pemeriksaan selesai, dengan melibatkan satu alat berat.  (suf)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama