Perspectives News

Gol Novri dan Jefferson ke Gawang Persikabo 1973 Bawa Bali United Naik ke Peringkat 6

 

Striker pengganti Jefferson Assis melakukan selebrasi usai mencetak gol kedua Bali United atas Persikabo 1973 pada laga pekan ke-14 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Jumat (29/9/2023) malam (FOTO: Alex MOBU)

GIANYAR, PERSPECTIVESNEWS – Gol Novri Setiawan menit ke-28 dan Jefferson Mateus de Assis menit ke-90+6 ke gawang Persikabo 1973, membawa Bali United naik dari posisi 12 klasemen sementara ke posisi 6.

Pada laga pekan ke-14 BRI Liga 1 2023/2024 itu, Bali United menjamu Persikabo 1973 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Jumat (29/9/2023) malam.  Di menit-menit awal laga dipimpin wasit Rio Permana Putra itu kedua tim bermain dalam tempo sedang.

Toh begitu, tuan rumah Bali United besutan pelatih Stefano “Teco” Cugurra lebih berinisiatif melakukan tekanan ke pertahanan Persikabo 1973.  Beberapa kali serangan yang digalang dari bawah pertahanannya, Ilija Spasojevic kerap membuat pertahanan Persikabo 1973 kewalahan.

Mendapat tekanan berkali-kali, Persikabo besutan pelatih Aji Santoso mencoba keluar dari tekanan dengan memperkuat lini bertahan dan mempertajam daya gempur.

Upaya ini nyaris membuahkan hasil bagi Laskar Pajajaran ketika terjadi tendangan bebas dari luar kota terlarang yang dilakukan Joao Pedro Oliviera, tendangan kerasnya berhasil dihalau kiper Adilson Maringa, dan hanya membuahkan tendangan pojok.

Menit ke-28 petaka terjadi di kubu Persikabo, saat itu kiper Syahrul Tisna Fadilah salah mengantisipasi bola, yang akhirnya berhasil dicolong oleh Eber Bessa dan langsung menyodorkan ke Spaso.

Spaso yang meneruskan bola ke gawang, namun tendangannya berhasil dihalau Syahrul Tisna namun mengarah ke Novri, yang selanjutnya tanpa kesulitan menjebol gawang Syahrul, 1-0 tuan rumah unggul. Skor 1-0 untuk Serdadu Tridatu bertahan hingga jeda laga.

Babak kedua tim tamu Persikabo mencoba bermain lebih agresif memburu gol penyeimbang. Serangan demi serangan dilancarkan Dimas Darajat dan Joao Pedro dibantu Didik Wahyudi dan Roni Sugeng di sektor tengah.

Tekanan ini cukup merepotkan lini bertahan Bali United, dan nyaris membuat mereka bertahan total dari gempuran pemain Persikabo.

Menit ke-62, Coach Teco melakukan rotasi dengan menarik keluar Privat Mbarga dan memasukkan Muhammad Rahmat yang lebih fleksibel membantu lini bertahan sekaligus melakukan penyerangan.

Tidak berhenti di situ, Coach Teco kemudian menarik keluar Eber Bessa dan memasukkan Ramdani Lestaluhu. Sesaat setelah pergantian pemain itu, pertahanan Bali United tampak lebih solid. Tetapi menit ke-87 Novri Setiawan dikeluarkan wasit setelah menerika kartu kuning kedua karena melanggar keras pemain Persikabo.

Unggul jumlah pemain, Persikabo terus melakukan tekanan ke pertahanan Bali United, bahkan untuk mencari gol penyeimbang, kiper Syahrul hingga keluar kotak 12 pas hampir ke garis setengah lapangan.

Akibatnya fatal, setelah serangan Persikabo kandas di kaki pemain Bali United, bola langsung diarahkan ke tengah lapangan di mana striker Jefferson Assis bebas dari perangkap offside. Setelah memenangkan duel bola atas dengan Syahrul, Jefferson tanpa kesulitan menjebol gawang yang melompong ditinggal sang kiper. 2-0 Bali United unggul, yang bertahan hingga laga selesai. (djo)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama