Perspectives News

Gandeng Krista Exhibition, PT Hatten Bali kembali Gelar Wine Program

 


(Kika) Nyoman Adnyana (PAN), para pemenang dan Kertawidyawati.  (Foto: Hatten)

BALI, PERSPECTIVESNEWS- Menggandeng Krista Exhibition, Hatten Bali kembali menggelar Wine Program bersamaan digelarnya Bali Interfoof 2023 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), 7-9 September 2023.

Pada giat kali ini, terdapat 12 agenda acara, terdiri 2 kompetisi sommelier dan 10 sesi workshop.

Kompetisi yang pertama yaitu Bali Junior Sommelier Competition 2023. Pada katagori ini peserta adalah para peminat posisi sommelier dengan ketentuan usia di bawah 24 tahun dan memiliki pengetahuan food dan beverage service.

Kompetisi dimenangkan I Made Agus Sucipta dari Playroom Berawa Bali sebagai The Best Bali Junior Sommelier 2023, Kadek Dwi Artini dari Potato Head Bali sebagai runner up dan Ni Kadek Bianika Tunjung Sari dari Finns Beach Club sebagai second runner up.

Pemenang mendapatkan beasiswa kelas belajar program certification international WSET – Wine Spirit Educational Thrust sertifikasi dari UK yang dijalankan oleh Hatten Education Center sebagai lembaga pendidikan pertama di Indonesia yang mempunyai legalitas untuk pelaksanaan program sertifikasi di bidang wine dan spirit.

“Menjawab kebutuhan industri yang banyak sekali membutuhkan sommelier, diharapkan dengan kompetisi ini bisa mendorong dan menemukan bakat dan peminat dari para sommelier muda di Bali,” ujar Kertawidyawati sebagai Head of Hatten Education Center yang sekaligus juga sebagai penggagas keseluruhan wine program ini.

Kompetisi yang kedua adalah kompetisi international yakni Blind Tasting, kompetisi dimana peserta diminta untuk mencicipi wine and menjawab pertanyaan dari juri, Barton & Guestier Bali Sommelier Contest 2023.

Barton & Guestier (B&G) adalah perusahaan wine dari Prancis yang mempunyai banyak brand dalam portofolio produk mereka.

Pemenangnya masing-masing The Best B&G Bali Sommelier Contest 2023 diraih oleh Ni Luh Ayu Diah Wahyundari dari The Oberoi Beach Resort, runner up diraih I Putu Gede Krishna Jaya dari The Oberoi Beach Resort dan second runner up diraih Ni Kadek Bianika Tunjung Sari dari Finns Beach Club.

“Kompetisi bertaraf international ini menunjukkan pentingnya posisi Bali di mata producer wine international. Merupakan penghargaan bagi kami untuk bisa bekerja sama dengan Barton & Guestier dan terima kasih kepada Guillaume Bladocha sebagai Export Director Asia Pasific dari B&G dan Pratama Agung Niaga selaku distributor B&G di Bali atas kepercayaannya terhadap kami,” jelas Kertawidyawati.

Kertawidyawati menambahkan, ke 12 workshop yang dilaksanakan melalui program beragam, mulai dari Pairing Class antara wine dengan Embassy Chocolate, Praline dari Sobas dan Prambanan Kencana, Cheese dengan Rosalie Cheese, Masterclass Oregon Wine dari PT Jaddi International dan Best Wines, Gelas Tasting Class dengan Zwiesel Glas dari PT Multi Fortuna Sinardelta.

Pengetahuan dasar mengenai France Cheese dari Hopscotch Sopexa, kelas mengenai Arak Bali dari Arak Dewi Sri yang dikemas dengan aplikasi arak sebagai elemen masak yang dilakukan dengan demo memasak Bali Culinary Pastry School.

Minat masyarakat terhadap pengetahuan mengenai wine sangat besar, terbukti 320 orang peserta mengikuti keseluruhan program wine tersebut.

“Menjadi salah satu misi dari perusahaan kami PT Hatten Bali Tbk, untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat tidak saja dalam bentuk produk wine yang berkualitas tetapi juga upaya untuk memberikan pengetahuan lebih dalam mengenai wine melalui program-program yang dibuat oleh Hatten Education Center,” terang Ida Bagus Rai Budarsa sebagai President Direktur PT Hatten Bali Tbk.

Wine Program berikutnya yang terdekat akan dilaksanakan pada SIAL Interfood Expo di Jakarta, 8-11 November 2023.

Untuk mengetahui program-program Hatten Education Center dari pengetahuan dasar sampai International Certification serta Program Wine Adventure yang memungkinkan untuk kunjungan ke vineyard/kebun anggur, winery atau pabrik wine dan program edukasi lainnya, dapat mengikuti www.hattenwines.com | www.hatteneducation.id.

Seperti diketahui, PT Krista Exhibition, penyelenggara Bali Interfood yang dilaksanakan pada 7-9 September 2023 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), menyelenggarakan pameran internasional makanan & minuman, bahan kue, teknologi, peralatan Horeca & Baking yang diikuti 110 perusahaan dengan 40 UMKM.   (lan)

Post a Comment

Previous Post Next Post