Perspectives News

Lestarikan Lingkungan Wisata Sanur, Danamon Peduli Lakukan Berbagai Langkah Konservasi

 

Danamon Region Bali Nusra saat melakukan penanaman pohon cemara udang sebagai upaya melestarikan lingkungan wisata Sanur. (Foto: Danamon)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS- Danamon Region Bali Nusra melakukan berbagai upaya melestarikan lingkungan wisata Sanur. Berbagai langkah konservasi dilakukan seperti seperti menanam terumbu karang, mangrove, pohon cemara udang dan donasi kano susur sampah.

Sebagai bank yang berkomitmen terhadap bisnis keberlanjutan dan pelestarian lingkungan, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) secara aktif menjalankan berbagai inisiatif untuk mengurangi emisi karbon melalui program-program Danamon Peduli, salah satunya Program Peduli Lingkungan.

Melalui Peduli Lingkungan 2023, Danamon Region Bali Nusra melakukan konservasi lingkungan di Pantai Mertasari Sanur, Bali dengan menanam 1.200 bibit terumbu karang, 500 mangrove, dan 750 pohon cemara udang.

Selain itu, Danamon juga mendonasikan 5 kano susur sampah untuk meningkatkan penjagaan lingkungan di area pariwisata tersebut.

Kegiatan ini menjadi kolaborasi erat antara Danamon dengan Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Denpasar, Desa Adat Intaran melalui BUPDA Intaran dan Kelompok Sungai Bahari Intaran.

Dalam seremoni yang melibatkan lebih dari 200 an karyawan Danamon Region Bali Nusra yang diadakan pada Sabtu, 29 Juli 2023 lalu, hadir Wakil Gubernur Bali, Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si., dan para pejabat Kota Denpasar.

“Danamon tidak hanya berkomitmen terhadap kebutuhan nasabah, karyawan, dan masyarakat luas, tetapi juga bertumbuh bersama mitra komunitas dalam program dan pengembangan bisnis berkelanjutan. Melalui program Danamon Peduli, kami giat mengampanyekan penurunan emisi karbon untuk mencapai target net zero carbon emission, termasuk melalui penanaman mangrove dan konservasi terumbu karangdan berbagai pelestarian lingkungan dan program berkelanjutan,” ujar I Gusti Agus Indrawan - Regional Head Bank Danamon Bali Nusra.

Menurut Agus Indrawan, konservasi terumbu karang merupakan langkah penting dalam pemulihan ekosistem lingkungan. Terumbu karang memiliki manfaat yang sangat penting bagi ekosistem.

“Terumbu karang menyediakan habitat yang sangat beragam bagi berbagai spesies hewan dan tumbuhan laut. Banyak ikan, moluska, krustasea, dan hewan laut lainnya bergantung pada terumbu karang sebagai tempat tinggal dan mencari makanan. Terumbu karang juga berperan dalam menjaga kualitas air laut,” paparnya.

Danamon juga fokus pada perlindungan mangrove dan pohon cemara udang. Selain upaya penanaman, Danamon Peduli juga menyadari pentingnya pengelolaan sampah yang baik untuk menjaga kebersihan perairan Sanur.

Danamon telah menyumbangkan kapal susur sampah kepada Kelompok Sungai Bahari. Kapal ini akan dimanfaatkan untuk mengumpulkan sampah secara rutin sehingga dapat membantu mengurangi limbah plastik dan sampah lainnya yang mencemari perairan Sanur.

“Inisiatif-inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen jangka panjang Danamon dalam menjaga kelestarian ekosistem. Namun, upaya ini tidak cukup hanya dilakukan oleh satu pihak saja. Untuk mencapai keberhasilan yang berkelanjutan, diperlukan kerja sama dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, masyarakat dan pelaku pariwisata.” tutup Agus Indrawan.  (lan)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama