Perspectives News

Dibalik Peran Besar Astra, Ekowisata Subak Sembung Jadi ‘Jantung Kedua’ Kota Denpasar


Papan nama Ekowisata Subak Sembung Banjar Berseri Astra (BBA) yang berada di Banjar Pulugambang, Kelurahan Peguyangan, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar.  (Foto: lan). 

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS- Kota Denpasar kini punya ‘jantung kedua’ sejak hadirnya Ekowisata Banjar Berseri Astra (BBA) Subak Sembung yang menjadi salah satu primadona wisata alam bagi warga masyarakat, khususnya yang tinggal di Banjar Pulugambang, Kelurahan Peguyangan, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali.

Terletak di Jalan Ahmad Yani, Ekowisata Subak Sembung (ESS) telah menjadi destinasi tujuan wisata (DTW) di tengah kota. Setiap hari terutama pada sore hari, warga masyarakat dari segala penjuru Kota Denpasar yang ingin berolahraga ringan (jogging track) atau sekedar menikmati luasnya areal persawahan dengan udara yang bersih, senantiasa memadati lahan parkir di Banjar Pulugambang.

Dibalik keberhasilan pengelolaan ESS, tidak bisa dilepaskan dari peran besar dan dukungan Astra lewat program CSR (Corporate Social Responsibility) yang memberi perhatian untuk berkembangnya DTW yang lebih dikenal dengan nama Banjar Berseri Astra (BBA) Pulugambang itu.



Local Champion Banjar Berseri Astra (BBA) Pulugambang, Anak Agung Putu Gede Wisnawa, berada di lokasi jogging track  Ekowisata Subak Sembung, Denpasar, Kamis (31/8/2023).  (Foto: lan)

Seperti yang disampaikan Local Champion BBA Pulugambang, Anak Agung Putu Gede Wisnawa yang biasa disapa Pak Agung, nama BBA sebenarnya lebih familiar karena memang lokasinya berada di wilayah Banjar Pulugambang, namun boleh juga disebut Kampung Berseri Astra (KBA) karena Banjar Pulugambang berada di dalam desa/kampung/kelurahan Peguyangan.

“Tidak masalah mau disebut KBA atau BBA, sama saja karena kita berada dalam satu desa, satu kecamatan di Kota Denpasar. Namun yang pasti, Ekowisata Subak Sembung menjadi ‘jantung kedua’ Kota Denpasar,” ungkap Pak Agung.

“KBA Pulugambang memang tak bisa dilepaskan dari peran besar dan dukungan pihak Astra. Banjar Pulugambang sendiri telah dibina oleh Astra sejak Juni 2015 dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program CSR yaitu, Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan. Dan Banjar Pulugambang mampu mengimplementasikan 4 pilar tersebut,” terang Pak Agung saat dikonfirmasi di kediamannya, di Jln Ahmad Yani 463 Peguyangan, Denpasar Utara, Rabu (30/8/2023).

Melalui program KBA ini, masyarakat dan perusahaan nantinya dapat berkolaborasi untuk bersama-sama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah KBA.

Dalam program KBA, Astra memberikan bantuan berupa kontribusi sarana fasilitas, program pembinaan, dan pendampingan, untuk peningkatan kualitas masyarakat dan lingkungan kampung binaan. Tak terkecuali di Banjar Pulugambang ini.

Kembangkan Potensi Persawahan



Indah dan terlihat asri berseri, inilah Ekowisata Subak Sembung, Banjar Pulugambang, Kelurahan Peguyangan yang merupakan binaan Astra dan menjadi 'jantung kedua' Kota Denpasar.  (Foto: lan) 

Ekowisata Subak Sembung, Banjar Pulugambang menjadi DTW di Kota Denpasar, diawali pada tahun 2015 ketika Pak Agung selaku Kelian (RT-red) Banjar Pulugambang ingin mengembangkan potensi persawahan milik warga seluas 115 hektar yang dimiliki 198 orang petani yang berlokasi di tengah kota itu untuk menjadi objek wisata alam.

‘Ternyata keinginan saya terwujud setelah bertemu dengan bendesa dan dinas terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pertanian yang menyetujui cita-cita saya itu. Akhirnya kami dibantu oleh Astra dengan mengajukan proposal dari project tersebut dan terwujud memiliki BBA yang menjadi kebanggaan masyarakat Kota Denpasar seperti sekarang ini,” tutur Pak Agung.

Kini, Ekowisata Subak Sembung Pulugambang telah menjadi ikon destinasi favorit warga masyarakat karena destinasi tersebut tak hanya untuk refreshing tetapi juga untuk menggelar berbagai even insidensial untuk edukasi maupun kegiatan lainnya.

Kampung Berseri Astra Pulugambang mendapat award atau penghargaan karena dinilai Astra sebagai kampung yang mampu memenuhi segala persyaratan yang ditetapkan dengan 4 pilar program CSR, dan semua berjalan dengan baik dan berkelanjutan hingga saat ini.

Ekowisata Subak Sembung juga telah menyediakan paket wisata situasional tergantung musim dan situasi yang ada. Misalnya apabila musim panen, pengunjung dapat mencoba memanen padi, buah dan sayuran, yang langsung dijual di tempat.

“Di kesempatan lainnya, warga pengunjung dapat ikut serta menangkap bebek dan belut di sawah. Di acara sekolah, juga ada murid-murid TK, SD juga menggelar kegiatan yang sama, bahkan layak pula menjadi lokasi pra-wedding,” tutup Pak Agung.  (lan)

 


Post a Comment

Previous Post Next Post