Perspectives News

Polnas Gelar Festival, Direktur: ‘Agar Mahasiswa tidak Jadi ‘Kupu-Kupu’’


Direktur Polnas, I Made Adi Purwantara, S.T.,M.Kom saat memberikan sambutan pada Polnas Festival 2023, Sabtu (15/7/2023).  (Foto: Lan) 

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS- Politeknik Nasional (Polnas) menggelar festival dalam rangka menggali kreatifitas generasi muda berpendidikan tinggi ini agar mampu mengembangkan bakat, hobi dan kreatifitasnya.

Direktur Polnas, I Made Adi Purwantara, S.T.,M.Kom usai membuka festival mengatakan, kegiatan ini untuk mengisi waktu luang mereka dengan kegiatan yang bermanfaat. Festival ini tak hanya menyuguhkan hiburan semata tetapi juga memberikan peluang berwirausaha dengan membuka stand berbagai macam produk.

“Biar mahasiswa tidak menjadi ‘kupu-kupu’ alias kuliah pulang-kuliah pulang tetapi memanfaatkan waktu luangnya untuk berkreativitas,” jelas Purwantara di kampus setempat, Jalan Pandu No.9 Tanjung Bungkak Denpasar, Sabtu, 15 Juli 2023 malam.

Ditambahkan, festival yang mengusung tema ‘Semangat Kreativitas Anak Muda’ itu baru pertama kalinya digelar dan akan menjadi agenda rutin tahunan dan melibatkan lebih banyak lagi peserta.

“Ini festival yang pertama kalinya diadakan. Kami mengundang 500 undangan, yang datang sekitar 300-an orang. Lumayan untuk gelaran pertama ini. Untuk lebih menyemarakkan lagi, kami mengundang musisi muda Bagus Wirata,” jelasnya.

Menurut Adi, festival juga wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan MICE (Meeting, Insentive, Conference, Exhibition), salah satu mata kuliah yang ada di Polnas.

“Mahasiswa yang kuliah di Polnas ini harus kreatif karena ini ada kaitannya dengan mata kuliah MICE. Jadi tidak hanya belajar tentang teori saja tetapi mereka harus mempraktekkan dengan membuat event-event semacam ini,” ujarnya lagi.

Terkait kurikulum Kampus Merdeka dengan teori minimal 40% dan 60% praktek, Adi Purwantara mengatakan, Polnas sudah menjalankan bahkan kami lebih banyak di praktek dan diimplementasikan di semester V dan VI. Di semester tersebut, mahasiswa kami bisa memilih tempat magang dan lama magangnya selama 1 tahun, imbuhnya.

“Polnas juga sering mengadakan kegiatan belajar di luar kampus, misalnya tour guide, kewirausahaan lainnya. Kegiatan tersebut ada dalam kurikulum Kampus Merdeka. Polnas menerapkan konsep Link & Match dengan pihak industri, sehingga lulusannya benar-benar siap masuk di dunia kerja. Kami memberikan jaminan, mahasiswa Polnas pasti langsung bekerja. Jika tidak mendapatkan pekerjaan,  kami berikan garansi uang kembali hingga 50%,” tegasnya.

Polnas memiliki 3 program studi yaitu D3 Usaha Perjalanan Wisata, D3 Akuntansi dan D3 Teknik Elektronika.

“Tahun ini kami sedang mengajukan untuk program studi S1 Akuntasi Perpajakan dan S1 Perhotelan yang saat ini rancangannya sudah mencapai 80%. Mudah-mudahan tahun ini bisa diwujudkan,” harapnya.

Politeknik Nasional masih membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa baru yang ingin kuliah. Pendaftaran untuk gelombang 3 dan 4 bisa dilakukan pada Juli - September 2023.

“Target sebanyak 300 mahasiswa dan sudah mendaftar lebih dari 150 orang. Masih ada waktu dan kami optimis bisa memenuhi target,” tutup Adi Purwantara.  (lan)

 

Post a Comment

Previous Post Next Post