Perspectives News

Pemain Muda Bali United Berpeluang Berkiprah di Eropa

 

Nick Van der Velden terlihat menyalami pemain Bali United muda saat dirinya bertandang ke Bali United TC di Pantai Purnama. (FOTO: Alex MOBU)

GIANYAR, PERSPECTIVESNEWS - Mantan pemain Bali United, Nick Van der Velden saat ini sedang menjalani liburan bersama keluarga selama tiga minggu ke depan di Bali.

Di sela-sela waktu liburnya bersama keluarga, Nick van der Velden terlihat hadir dalam sesi latihan yang dijalani Bali United Youth di Bali United Training Center, Pantai Purnama, Gianyar.

Kunjungan itu dilakukan saat baru tiba di Bali hari Jumat (21/7/2023) lalu dan memuji para pemain muda Bali United yang dilatih Coach Made Pasek Wijaya bersama staf.

Pada kunjungan tersebut, Nick kagum akan perkembangan pusat latihan yang dimiliki Serdadu Tridatu saat ini. Apalagi dengan sarana latihan yang menyajikan pemandangan pinggir Pantai Purnama, Gianyar.

Nick yang juga menjadi pelatih di kelompok usia di kompetisi teratas klub Belanda, AZ Alkmaar U19 ini memberikan motivasi untuk Serdadu Tridatu agar memiliki mimpi bisa bermain di Eropa.

Nick menilai semua orang bisa memiliki harapan itu asalkan dibarengi usaha dan kerja keras di dalam maupun luar lapangan. 

"Tentu, jika mereka memiliki mimpi yang besar bisa ke sana (Eropa), maka harapan itu pasti akan ada. Mereka harus kerja keras bukan hanya di dalam lapangan tetapi juga di luar lapangan dengan menjaga makan, istirahat, Ya mereka harus fokus untuk semua itu,” ungkap Nick.

Apalagi dengan melihat sarana latihan para pemain muda Bali United saat ini sudah sangat baik dibandingkan dengan beberapa tahun terakhir ketika Nick masih aktif sebagai pemain Bali United.

Nick sendiri menjadi bagian dari Serdadu Tridatu pada musim 2017 dan 2018 lalu dan tidak ikut dalam skuad yang merengkuh juara untuk Serdadu Tridatu.

Dengan adanya fasilitas yang menunjang perkembangan pemain muda itu, Nick meyakini masa depan yang baik hadir untuk para pemain muda Bali United. 

“Saya pikir jika pelatih dan staf yang bagus dengan fasilitas yang bagus, maka akan membangun sesuatu yang baik untuk para pemain muda di masa mendatang,” jelas Nick.

Nick sendiri menjadi bagian dari Bali United pada musim kompetisi 2017 dan 2018 selama dua musim. Masa awal kariernya di dunia sepak bola, Nick memulai dari akademi De Volewijckers, DWS, hingga Ajax Amsterdam.

Karier profesionalnya baru dimulai bersama RKC Waalwijk (2003-2005), lalu dia pindah ke Dordrecht (2005-2006) dan kembali ke RKC Waalwijk (2006-2007).

Setelah itu, Nick berpindah klub mulai dari AZ Alkmaar (2008-2011), NEC (2011-2013), FC Groningen (2013-2015), Willem II (2015-2016), hingga klub asal Skotlandia, Dundee United (2016-2017).

Saat ini Nick telah menjadi pelatih di salah satu mantan klub yang membesarkan namanya di lapangan hijau. Nick sendiri baru saja sukses membawa AZ Alkmaar U19 menjuarai UEFA Youth League 2022-2023. (djo)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama