Perspectives News

OJK-Unud Kerja Sama Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan Masyarakat Pedesaan di Bali melalui KKN Mahasiswa

 

Kepala OJK Regional 8 Bali-Nusa Tenggara, Kristrianti Puji Rahayu saat memberikan pembekalan kepada mahasiswa KKN Unud. (FOTO: OJK)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS - Sebagai bagian dari upaya peningkatan literasi dan inklusi masyarakat pedesaan, OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara menggandeng Universitas Udayana melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Literasi dan Inklusi Keuangan.

Program ini melibatkan mahasiswa dari 13 fakultas di Unud serta tahun ini dilaksanakan di 10 desa di 8 kabupaten di Bali.

Ke10 desa itu, yakni Pelaga (Kabupaten Badung), Nongan (Kabupaten Karangasem), Bengkala, dan Depeha (Kabupaten Buleleng), Landih (Kabupaten Bangli), Karyasari (Kabupaten Tabanan), Manistutu (Kabupaten Jembrana), Lodtunduh (Kabupaten Gianyar), Desa Tanglad dan Desa Sekartaji (Kabupaten Klungkung).

Pelaksanaan program ini sebagai bentuk sinergi aliansi strategis antara OJK dengan kalangan akademisi di Bali untuk meningkatkan literasi dan inklusi terutama di wilayah pedesaan.

Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022, gap antara tingkat literasi dan inklusi di Bali mencapai 34,55% dengan tingkat inklusi sebesar 92,21% dan tingkat inklusi sebesar 57,66%.

Sedangkan berdasarkan wilayah terdapat gap tingkat literasi dan inklusi keuangan di wilayah pedesaan di Bali sebesar 39,45%.

Guna mempersiapkan mahasiswa-mahasiswa KKN Literasi dan Inklusi Keuangan sebelum terjun ke desa tujuan KKN, telah diadakan pembekalan umum kepada mahasiswa peserta KKN Unud periode Juli-Agustus 2023 pada 8 Juni 2023 di Gedung Widya Sabha Universitas Udayana, dilanjutkan pembekalan khusus di OJK Bali-Nusa Tenggara pada 16 Juni 2023 dan 12 Juli 2023.

Dalam pembekalan, Kepala OJK Regional 8 Bali-Nusa Tenggara, Kristrianti Puji Rahayu menyampaikan bahwa mahasiwa sebagai generasi muda harus menjadi agen edukasi untuk lingkungan.

Melalui program ini diharapkan mahasiswa dapat menjadi katalisator peningkatan literasi dan inklusi keuangan di desa tujuan KKN.

Pelepasan peserta KKN dilaksanakan di Kampus Bukit Jimbaran Universitas Udayana disertai penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara OJK yang diwakili Kepala OJK Regional 8 Bali-Nusa Tenggara Kristrianti Puji Rahayu dengan 13 fakultas di Unud, yang ditandatangani masing-masing dekan.

Perjanjian tersebut tidak hanya tentang KKN Literasi dan Inklusi Keuangan, namun juga tentang pelaksanaan program edukasi dalam rangka meningkatkan literasi dan inklusi di civitas akademika melalui program pemanfaatan Learning Management System (LMS) Keuangan OJK, pertukaran data dan informasi, hingga pengabdian dan penelitian, serta program lainnya sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Rektor Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara menyampaikan apresiasi kepada Otoritas Jasa Keuangan Regional 8 Bali-Nusa Tenggara atas inisiatifnya dalam melaksanakan program KKN Literasi dan Inklusi Keuangan bersama Unud. Program ini diharapkan terus dilaksanakan secara berkesinambungan setiap tahun. (lan)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama