Perspectives News

Kapal Cepat Rute Padang Bai-Gili Trawangan Terbakar, Semua Penumpang Berhasil Dievakuasi

 

Kapal cepat Inami Luxury 6 GT 52 yang terbakar berhasil dievakuasi kembali ke Pelabuhan Rakyat Padang Bai, Kamis (6/7) (FOTO: BPBD Karangasem)

KARANGASEM, PERSPECTIVESNEWS - Kebakaran kapal cepat atau fast boat rute Pelabuhan Rakyat Padang Bai menuju Gili Trawangan, Lombok, kembali terjadi, Kamis (6/7/2023) yang menimpa Inami Luxury 6 GT 52.

Kapal cepat berpenumpang 89 orang itu tiba-tiba terbakar saat dalam pelayaran dari Pelabuhan Rakyar Padang Bai menuju Gili Trawangan. Untungnya kapal cepat tersebut terbakar tidak jauh dari dermaga rakyat, sehingga bantuan segera dengan cepat datang dari beberapa operator kapal cepat lainnya. Pun demikian, dengan api kebakaran bisa dengan capat diatasi sehingga tidak membuat kapal tersebut terbakar dan meledak.

Nahkoda kapal cepat  Semaya One yang mendapatkan informasi kejadian tersebut, langsung merapat menuju kapal naas itu untuk mengevakuasi seluruh penumpang, dan membawanya kembali ke Dermaga Rakyat Padang Bai, sedangkan kapal cepat Inami Luxury yang terbakar, ditarik menuju Pelabuhan Padang Bai guna dilakukan pemeriksaan.

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padang Bai, Sentot Ismudiyanto Kuncoro ketika dikonfirmasi oleh sejumlah awak media, membenarkan terkait terjadinya kebakaran kapal yang memuat puluhan penumpang tersebut.

Dari laporan yang diterima pihaknya, kapal cepat tersebut terbakar beberapa saat setelah berangkat dari Dermaga Rakyat Padang Bai untuk melakukan pelayaran menuju Gili Trawangan, Lombok, tepatnya di perairan Candidasa. 

“Penyebabnya diduga karena hubungan arus listrik pada mesin yang menyebabkan percikan bunga api. Namun oleh kapten dan crew kapal, api sudah langsung dipadamkan. Hanya saja satu orang crew kapal mengalami luka ringan dan sudah ditangani oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan,” sebut Kuncoro.

Disebutkannya, sesuai dengan data manifes, jumlah penumpang yang ada di dalam kapal tersebut sebanyak 89 orang. Semua penumpang berhasil dievakuasi dengan selamat menuju Pelabuhan Padang Bai oleh KM Semaya One yang kebetulan melintas, sedangkan kapal naas tersebut langsung digandeng ke dermaga rakyat memakai KM Golden Queen atas instruksi Syahbandar.

“Begitu mendapat laporan, kami langsung meminta agar kapal-kapal yang melintas untuk memberikan pertolongan dan evakuasi. Sementara untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan Syahbandar,” pungkasnya. (red)

Post a Comment

Previous Post Next Post