Perspectives News

Jadi Barometer Pariwisata Dunia, SEPTINDO Pilih Kukuhkan Pengurus dan Munas di Bali


 

Bali menjadi tempat berlangsungnya acara pengukuhan pengurus dan Munas SEPTINDO, di Hotel Hilton, Nusa Dua, Badung, Sabtu (15/7/2023).  (Foto: Lan)

BADUNG, PERSPECTIVESNEWS- Bali menjadi tempat berlangsungnya acara pengukuhan pengurus dan Musyawarah Nasional (Munas) SEPTINDO (Serikat Pengusaha Industri Wisata Indonesia), di Hotel Hilton, Nusa Dua, Badung, Sabtu (15/7/2023).

Munas SEPTINDO mengangkat tema ‘Menghadapi Era Digitalisasi 5.0 dalam Industri Wisata Indonesia’.

“Kami memilih Munas SEPTINDO pertama di Bali karena Bali menjadi barometernya pariwisata dunia dan domestik. Kami mulai start di Bali. Semoga berangkat dari Bali sesuai taglinenya menjadi ‘Entrepreneur for People’, kami bisa lebih berkembang lagi,” ujar Ketua Umum SEPTINDO, Choirul Abadi, MA.

Tantangan kami ke depan, lanjut Choirul Abadi adalah dari sisi investasi dan pendanaan karena selama dan setelah pandemi Covid-19, sektor usaha yang paling terdampak adalah pariwisata.

“Oleh karena itu kami nanti akan bekerjasama dengan seluruh stakeholder, pemerintah, lembaga swasta, dll agar segala tantangan dan kendala bisa kami atasi bersama-sama,” ujarnya lagi.

Ditegaskan Choirul, tugas pertama yang harus dilakukan adalah konsolidasi ke daerah dan membangun jaringan dengan lembaga pemerintah dalam rangka juga menghidupkan kembali UMKM yang sempat mati suri ketika pandemi Covid,” beber Choirul.

Perkembangan pariwisata saat ini sudah mulai menggeliat terbukti jalan di Bali sudah mulai macet dan tingkat kegiatan yang digelar di Bali sudah banyak, baik nasional maupun internasional yang membuktikan gairah pariwisata Bali kembali bangkit.

“Kami sangat optimis Bali akan kembali menjadi favorit wisatawan,” ujarnya.

Choirul mengatakan, saat ini SEPTINDO memiliki anggota sebanyak 150 orang yang tersebar di Sumatera, Jawa Bali, Kalimantan dan Sulawesi dengan berbagai macam usaha, terbanyak usaha travel.

Terkait program kerja, Choirul menegaskan, untuk jangka pendek SEPTINDO bakal menggelar Travel Fair untuk bagaimana menghidupkan wisata di daerah di luar Bali,” ucapnya.

Munas SEPTINDO dirangkaikan juga dengan seminar nasional menghadirkan narasumber dari Kadispar Bali, Tjok Bagus Pemayun, Ketua Bidang Perencanaan dan Hukum BNSP, Tetty DS Ariyanto, M.Par., serta pengusaha nasional, Ajik Khrisna.  (lan)

 

Post a Comment

Previous Post Next Post