Perspectives News

Dubes Botswana Kunjungi Kota Denpasar, Jajaki Peluang Kerjasama Berbagai Sektor

 

Dubes Botswana Dorcas Makgato saat melakukan lawatan kerja ke Pemerintah Kota Denpasar, Jumat (28/7/2023).  (Foto: Humas Pemkot Denpasar).

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS- Duta Besar Botswana, Afrika untuk Australia merangkap Republik Indonesia, New Zealand, Kepulauan Pasifik (Solomon Island, Papua Nugini, Fiji dan Samoa), Dorcas Makgato melakukan lawatan kerja ke Pemerintah Kota Denpasar.

Kedatangan Dorcas Makgato tersebut, diterima Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa di Kantor Walikota Denpasar, Jumat (28/7/2023).

Botswana sendiri merupakan salah satu negara di Benua Afrika yang berbatasan dengan negara Zimbabwe, Afrika Selatan dan Namibia. Negara ini merupakan upper-middle income yang memiliki jumlah penduduk 2,69 juta jiwa dengan pendapatan per Kapita sebesar USD 7.270.

Pada kunjungan tersebut, Dubes Makgato menyampaikan soal peluang kerjasama bilateral yang bisa dijajaki antara Negara Botswana dan juga Pemerintah Kota Denpasar. Sehingga ke depannya mampu memberikan kemanfaatan bagi kedua daerah.

"Saya melihat ada beberapa kesamaan antara negara Indonesia, termasuk Bali dan Denpasar sebagai ibukotanya dengan negara kami. Hal inilah yang mendorong kami melakukan kunjungan ini sebagai langkah awal dalam upaya kerjasama di antara kedua negara," kata Dubes Makgato.

Beberapa sektor yang diprioritaskan akan dijajaki, lanjut Dubes Makgato untuk peluang kerjasama itu antara lain meliputi, sektor perdagangan, sektor industri dan juga sektor pendidikan.

"Kami berharap setelah pertemuan ini akan ada pembahasan lebih lanjut. Kita juga bisa memiliki peluang dalam kerjasama ekspor import beberapa komoditi potensial Seperti bahan pangan, dan lain sebagainya," imbuh Dubes Makgato.

Berkaitan dengan hal itu, Wawali Arya Wibawa menyambut baik kemungkinan kerjasama yang bisa dibangun di antara kedua pihak sehingga ke depannya Kota Denpasar dapat menjalin kerjasama di berbagai sektor untuk mendukung kemajuan bersama. Hal ini utamanya dalam bidang ekonomi kreatif dan pariwisata.

"Mewakili Bapak Wali Kota Denpasar, kami menyambut baik perihal potensi kerja sama yang bisa kita jajaki ke depannya. Kota Denpasar memiliki beberapa potensi dalam bidang pariwisata, ekonomi kreatif serta kerajinan dan juga budaya. Dan Pemkot Denpasar siap untuk melakukan pembahasan lebih lanjut mengenai hal itu," terang Wawali Arya Wibawa.  (hum)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama