Perspectives News

Daya Tarik Bali Sedot 947 Peserta Seleksi Timnas U-17

 

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyalami salah seorang peserta seleksi Timnas U-17 di Training Center Bali United kawasan Pantai Purnama Gianyar, Minggu (16/7/2023) (FOTO: Alex MOBU)

GIANYAR, PERSPECTIVESNEWS - Tak dipungkiri daya Tarik pariwisata Bali menjadi alasan lain pesepakbola muda Tanah Air mengikuti seleksi Timnas U-17 di Training Center Bali United, di kawasan Pantai Purnama Gianyar.

Seleksi yang dilakukan PSSI itu berlangsung Sabtu dan Minggu (15-16/7/2023), diikuti total 947 peserta dari seluruh Indonesia. Sebelumnya seleksi diadakan di Bandung dengan peserta 187 pesepakbola, dan Palembang dengan 127 pesepakbola.

“Kami telah menetapkan 12 lokasi untuk seleksi Timnas U-17. Sebelum di Bali, kami sudah melakukan di Palembang dan Bandung, dan sekarang di Bali dengan memecahkan rekor jumlah peserta,” ucap Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Minggu (16/7/2023).

Erick Thohir datang langsung memantau jalannya seleksi di Training Center Bali United. Ia didampingi antara lain Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri dan Kepala Pelatih Timnas U-17 Bima Sakti.

Erick Thohir yang  juga Menteri Negara BUMN ini mengungkapkan antusiasime peserta seleksi di Bali luar biasa. Hal ini menunjukkan potensi bibit unggul di Bali sangat besar.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, PSSI mengubah konsep untuk rekruitmen tim U-17 yang akan disiapkan untuk Piala Dunia U-17.

Untuk melahirkan pemain yang unggul, Erick memastikan proses seleksi berjalan objektif. “Tidak boleh ada titipan dalam seleksi pemain, semuanya harus sesuai kriteria," tutur Erick.

Selain untuk persiapan Piala Dunia U-17, tim ini disiapkan untuk jangka panjang yaitu untuk Piala Dunia U-20 tahun 2025. Maka dari itu, lanjut dia, selain dari tim yang saat ini sedang melakukan TC di Jakarta, PSSI juga memberi kesempatan kepada talenta-talenta di 12 Kota dan sekitarnya untuk bisa memberikan yang terbaik.

Erick berharap seleksi pemain hari kedua  memudahkan PSSI untuk menemukan mutiara talenta dalam negeri bagi Garuda Muda.

Sementara itu, team scouting dipimpin Indra Sjafri menyebutkan ada beberapa hal menjadi penilaian pihaknya untuk pembentukan tim U-17 kali ini.

Menurut dia, peserta seleksi di Bali bukan hanya berasal dari Pulau Dewata, melainkan juga dari Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Ada beberapa hal yang dilakukan dari kami sebagai team scouting dalam proses seleksi ini. kami mencari pemain yang benar-benar bisa disiapkan untuk pemain tim nasional," ujar Indra.

Selain itu, untuk pemain-pemain yang tidak memenuhi standar kualitas turnamen internasional akan disalurkan ke akademi-akademi sepak bola di Indonesia.

Piala Dunia U-17 berlangsung di Indonesia pada 10 November hingga 2 Desember 2023. "Kami melihat baru visual belum tes fisik, psikotest dan test IQ. Proses ini hanya baru melihat bagaimana individual taktikal dia (peserta seleksi), grup taktikal dan bagaimana tim taktikalnya dia,” imbuh Indra.

Adapun syarat mengikuti seleksi di Bali adalah mereka merupakan pemain muda kelahiran 1 Januari 2006 sampai dengan 31 Desember 2007. (git)

Post a Comment

Previous Post Next Post