Perspectives News

Titikkan Air Mata, Trisno Nugroho Terima Buku Biografi, Ini Beberapa Pesannya

 

Trisno Nugroho (tengah) mendekap buku biografinya saat berpamitan pada acara Obrolan Santai Bank Indonesia Bareng Media dan UMKM, di KPw BI Provinsi Bali, Kamis (15/6/2023).  (Foto: Lan)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS- Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali Trisno Nugroho sempat menitikkan air mata ketika menerima buku biografi yang memuat semangat perjuangan hidup dan perjalanan karirnya.

Trisno Nugroho menyampaikan biografi bukan untuk riya atau pamer tetapi sebagai ungkapan untuk memotivasi kepada siapapun khususnya pengusaha UMKM yang menjadi binaan BI selama dirinya memimpin.

“Saya bersedia perjalanan hidup dan karir dijadikan buku biografi. Tujuannya bukan riya atau pamer tetapi untuk memotivasi siapapun khususnya pengusaha UMKM yang selama ini juga berjuang di saat Covid-19,” tutur Trisno saat berpamitan terkait purna tugas di acara Obrolan Santai Bank Indonesia Bareng Media dan UMKM, di KPw BI Provinsi Bali, Kamis (15/6/2023).

Kegiatan dengan tema 'SMES: Paving the Way for Bali Economic Recovery' itu juga dihadiri Ketua PWI Bali IGMB Dwikora Putra, para UMKM binaan Bank Indonesia Provinsi Bali serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya Trisno Nugroho mengatakan, selama empat tahun memimpin (2019-2023) mengemban tugas sebagai kepala BI KPw Bali, ia berkomitmen membangun ekonomi Bali. Diantaranya pengembangan UMKM, menjaga stabilitas harga agar konsumsi masyarakat terjaga serta meningkatkan pariwisata Bali yang merupakan tulang punggung perekonomian Bali.

"Dalam hal pengembangan UMKM, BI memiliki UMKM binaan. Beberapa UMKM binaan BI Bali memiliki produk berkualitas bahkan go export dan go digital," ungkapnya.

Dikatakan, selama Covid-19 yang melanda Bali khususnya, menjadi awal langkahnya menjalankan tugas bersama Gubernur Wayan Koster dan Wagub Cok Ace dan terus bersinergi dengan semua elemen masyarakat dan lembaga perbankan untuk bisa melewati musibah ini

Trisno Nugroho mengaku kesempatan itu dimanfaatkannya untuk mengenal lebih dekat dengan para pimpinan dan masyarakat khususnya UMKM untuk terjun langsung melihat kondisi di lapangan.

Trisno berpesan UMKM binaan Bank Indonesia Provinsi Bali harus terus maju, terus berinovasi dan harus berorientasi produk ekspor.

“Walaupun saat ini UMKM binaan BI sudah naik kelas tetapi tetap harus terus maju dan berusaha sebaik mungkin dan Bank Indonesia akan tetap mengawal,” ujarnya.

Kesan juga diungkapkan Dwikora Putra bahwa selama dirinya menjabat sebagai Ketua PWI Bali, Trisno Nugroho selalu memberikan dukungannya pada setiap kegiatan yang diselenggarakan.

Menurutnya, awak media sangat mengapresiasi atas kinerja yang dilakukan Trisno Nugroho selama memimpin Bank Indonesia Provinsi Bali.

"Selama saya menjadi Ketua PWI Bali yang hampir 2 periode, baru kali ini Kepala Bank Indonesia Provinsi Bali mau menyupport kegiatan PWI Bali," ungkapnya.

Dalam kesempatan berpamitan memasuki masa pensiun tersebut, Trisno Nugroho sempat menyanyikan beberapa lagu berkolaborasi dengan penyanyi Fathur dari grup musik Java Jive yang membuat suasana semarak kembali. Terima kasih Pak Trisno, jasamu sebesar perjuanganmu, sukses di tempat yang baru. (lan)

Post a Comment

Previous Post Next Post