Perspectives News

Peserta Kejuaraan Bulutangkis Wali Kota Cup 2023 Meningkat Hampir Dua Kali Lipat

Panitia Kejuaraan Bulutangkis Wali Kota Cup 2023 berpose bersama sebelum melaksanakan tugasnya menyukseskan kejuaraan. (FOTO: Humas pbsi dps)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Peserta Kejuaraan Bulutangkis Wali Kota Cup 2023 mencapai 196 atlet dari 12 klub di Kota Denpasar. Dibanding kejuaraan yang sama tahun lalu, jumlah ini meningkat hampir dua kali lipat.

“Tahun lalu hanya diikuti 9 klub di mana masing-masing klub mengutus hanya 12 orang pemain, itu artinya tahun lalu hanya diikuti 108 atlet,” ujar Sekum Pengkot PBSI Denpasar, Made Suandhi ditemui di sela-sela Kejuaraan Bulutangkis Wali Kota Cup 2023 di GOR Porwaja, Jumat (9/6/2023).

Suwandhi mengatakan, kejuaraan tahun ini mempertandingkan tiga kategori, yakni kategori anak-anak, usia dini, dan pemula dengan jumlah nomor pertandingan sebanyak 14 nomor.

“Maksud dan tujuan kejuaraan ini yaitu menggali pebulutangkis masa depan Kota Denpasar, yang nantinya bakal dikirim ke berbagai kejuaraan sesuai levelnya,” ujar Made Suandhi.

Ke-14 nomor pertandingan pada kejuaraan kali ini, yakni tunggal pra usia dini putra, tunggal anak-anak putra, tunggal pemula putra, tunggal remaja putra, tunggal taruna putra, tunggal usia dini putra, tunggal anak-anak putri, tunggal pemula putri, tunggal taruna putri, tunggal usia dini putri, ganda anak-anak putra, ganda pemula putra, ganda taruna putra, dan ganda pemula putri.

Suandhi menambahkan, tahun lalu juara umum digondol PB Porwaja, bahkan sudah tujuh kali berturut-turut klub ini keluar sebagai juara umum. Tapi tahun ini PB Porwaja bakal mendapat perlawanan ketat antara lain dari pebulutangkis PB Anugerah, Surya Jaya, Anak Emas, dan PB Seraya.

Di tempat sama, Sekum KONI Kota Denpasar, I Made Darmiyasa mengatakan sudah sekitar 75 persen cabang olahraga di bawah KONI Kota Denpasar menggelar Wali Kota Cup.

Dalam helatan Wali Kota Cup, lanjut Darmiyasa, KONI Kota Denpasar tidak membeda-bedakan mengenai anggarannya. “Jadi, semua cabor dibantu pendanaan masing-masing senilai Rp40 juta,” imbuh Darmiyasa.

Jika dalam perjalanannya ternyata dana tersebut tidak mencukupi, lanjut dia, KONI Kota Denpasar memberi keleluasaan kepada cabor untuk melibatkan pihak ketiga, seperti misalnya memberlakukan uang pendaftaran, bisa juga sponsorship.

Dikatakan, saat ini cabor anggota KONI Kota Denpasar sebanyak 46 cabor, dan pelaksanaan Wali Kota Cup diserahkan kepada masing-masing cabor dengan sasaran menjaring atlet junior.

“Hasil dari Wali Kota Cup ini nantinya akan mewakili Kota Denpasar ke berbagai kejuaraan sesuai tingkatannya. Dengan begitu pembinaan olahraga di Kota Denpasar terasa hasilnya,” ujarnya. (djo)

Post a Comment

Previous Post Next Post