Perspectives News

Kempo Denpasar Juara Umum Porsenijar Bali

Dua kenshi Kota Denpasar naik podium pertama Porsenijar Bali untuk cabor kempo yang berakhir Kamis (22/6/2023) di GOR Lila Bhuana Denpasar. (FOTO: Humas Perkemi Bali)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS - Tim shorinji  kempo Denpasar keluar sebagai juara umum Porsenijar Bali setelah mengemas 10  medali emas, 4 perak dan 5 medali perunggu. Cabor kempo dipertandingkan dua hari  di GOR Lila Bhuana Denpasar, dan berakhir Kamis (22/6/2023).

Posisi kedua diraih tim kempo Badung dengan 5 emas, 5 perak dan 5 perunggu, peringkat ketiga diduduki Buleleng  dengan 3 emas, 7 perak dan 2 perunggu, posisi keempat Gianyar dengan 2 emas, 1 perak dan 10 perunggu. Sedangkan peringkat kelima Jembrana dengan 1 emas, 4 Perak dan 4 perunggu, posisi keenam Bangli 3 perunggu.

Cabor kempo  baru pertama kali ikut  Porsenijar Bali yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora)  Provinsi Bali. Cabor ini sudah dieksebisikan pada Porsenijar Bali tahun 2018. Porsenijar Bali absen sejak 2020 lantaran pandemi Covid-19 dan baru terselenggara kembali tahun ini.

 Pada Porsenijar  2023 cabor kempo   mempertandingkan  21 nomor pertandingan dan diikuti  oleh  7 kabupaten/kota  minus Tabanan dan Karangasem dengan  3 kelompok  kategori SD, SMP dan SMA.

Di sisi lain antusias kenshi pelajar dari seluruh kabupaten dan kota di Bali yang berlaga di cabor ini meninggkat sebanyak 170 atlet,  dan mereka semua  tetap semangat dengan menunjukkan kualitasnya.

Wakil Ketua Umum Pengprov Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) Bali, Fredrik Billy, dalam sambutan  saat pembukaan, memberikan apresiasi kepada Pengkab dan Pengkot Perkemi seluruh Bali yang telah mempersiapkan  atlet pelajar.

Ini membuktikan  olahraga kempo sangat diminati para pelajar, namun  di sisi lain, menurut Billy, sangat ironis bahwa ada satu  kabupaten  yang mengikuti  kejuaraan ini  dengan biaya  mandiri, tidak dibiayai oleh Disdikpora Kabupaten, padahal  atletnya berprestasi saat Porsenijar.

Pembiayaan mereka dilakukan bersama-sama antara pengurus kempo dengan orang tua atlet, dan inilah yang membuat  para atlet tetap semangat walau tidak dibiayai pemerintah.

Billy juga mengatakan,  nantinya hasil dari Porsenijar Bali ini oleh Pengrov Perkemi Bali akan ditetapkan sebagai atlet yang akan mewakili Bali ke Popnas, Oktober 2023 mendatang di Palembang, Sumatera Selatan.

Sementara Wakil Ketua Pengkot Perkemi Denpasar, Made Mandiyasa (Dendy) mengatakan bahwa hasil yang diperoleh anak asuhnya adalah kerja keras dan latihan yang kontinyu dari mereka, dan mereka adalah atlet potensial untuk Porprov Bali mendatang mewakili Denpasar. (djo)

Post a Comment

Previous Post Next Post