Perspectives News

3.584 Calon Advokat Ikuti UPA Peradi Secara Serentak

 


 Suasana UPA Peradi yang diawasi dengan ketat dan dilakukan bersamaan. (FOTO: humas peradi Denpasar)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS - Ujian Profesi Advokat (UPA) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) dilaksanakan secara serentak  di 43 kota dan diikuti 3.584 calon advokat.

Pelaksanaan UPA Peradi ini dilakukan sangat profesional dengan melibatkan pihak outsourching yang sangat kredibel sehingga bisa di jamin kualitas dan mutu UPA ini.

“Khusus untuk UPA di Denpasar pendaftarannya dikoordinir DPC Peradi Denpasar dan diikuti 136 peserta, namun yang hadir 135 peserta karena 1 orang berhalangan. Jumlah itu mengalami peningkatan jumlah peserta sangat signifikan dibanding UPA sebelumnya,” tutur Ketua DPC Peradi Denpasar yang juga Wakil Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPN Peradi, Budi Adnyana di Denpasar, Sabtu (17/6/2023).

Dipaparkan Budi Adnyana, UPA Peradi ini dilaksanakan  di 43 kota di seluruh Indonesia dan dimulai serentak di seluruh wilayah Indonesia. Sedangkan untuk Wilayah Indonesia Barat dimulai pukul 09.00 WIB, untuk wilayah Indonesia Tengah dimulai pukul 10.00 Wita dan Indonesia bagian Timur di mulai pukul 11.00 WIT. Pelaksanaan yang dilakukan secara serentak itu tujuannya menghindari adanya kecurangan dan kebocoran soal-soal UPA.

“DPN Peradi di bawah kepemimpinan Ketua Umum Prof Otto Hasibuan tetap konsisten mensyaratkan adanya UPA yang berkualitas demi menghasilkan advokat-advokat muda yang baik dan berkualitas,” tambah Budi Adnyana.

Demi bisa menjadi seorang advokat berdasarkan UU Advokat, lanjut Budi Adnyana, maka seorang calon advokat harus lulus UPA yang digelar Peradi selanjutnya setelah melalui proses magang bisa diangkat sebagai advokat dan diambil sumpahnya oleh Pengadilan Tinggi. UPA tahun 2023 ini diakuinya, merupakan UPA yang ke 26 sepanjang sejarah Peradi sejak berlakunya UU No. 18 Tahun 2003.

Di lain pihak, observer UPA 2023 Fredrik Billy didampingi observer lainnya I Made Yudik Purwanto,SH, I Made Adi Seraya,SH,MH,CLA, I Made Bagus Suardana, SH, MH, Ni Luh Putu Nilawati, SH,MH, mengutarakan, untuk UPA   di Denpasar karena jumlah peserta cukup banyak mencapai 135 calon advokat, maka pelaksanaan dilakukan di  Universitas Udayana, Fak.Kedokteran, Gedung Cakra Vidya Usada Lantai. 2 Denpasar. (yok)

Post a Comment

Previous Post Next Post