Perspectives News

18 Tim Peserta Kompetisi Liga 1 2023/2024 Bahas Pemakaian Teknologi VAR

 

Asep Saputra saat menyampaikan materi mengenai pentingnya teknologi VAR di Liga 1. (FOTO: Alex MOBU)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS - Rencana pemakaian teknologi video assistant referee (VAR) pada kompetisi Liga 1, kini dibahas dalam Local Organizing Committee Refreshment Liga 1 2023/2024 oleh 18 perwakilan klub seluruh Indonesia.

Salah seorang pemateri, Asep Saputra, mengatakan pemakaian teknologi VAR yang akan diterapkan di Indonesia tidak menggunakan sistem sentralisasi (berpusat di Jakarta), melainkan melainkan desentralisasi yang langsung berada di lokasi stadion yang menyelenggarakan pertandingan.

Nantinya jika stadion penyelenggara tidak memiliki ruangan untuk VAR ini, maka akan disiapkan Mobile VAR dalam VAN atau Container untuk menunjang kinerja dari VAR tersebut.

Hanya saja, pemakaian VAR ini masih membutuhkan waktu sepanjang perjalanan kompetisi ini agar semakin matang dalam penerapan VAR di kompetisi Indonesia.

"Akan ada tes pemakaian VAR dan FIFA akan turun untuk memberikan lisensi. Sistem VAR sendiri akan bersifat desentralisasi. Rencananya pada Februari 2024 akan dipasang. Mudah-mudahan semuanya lancar," ungkap Asep, Minggu (18/6/2023) di Jakarta.

Asep Saputra juga menjelaskan soal evaluasi perjalanan Liga 1 sejak tahun 2017 hingga musim kompetisi terakhir 2022/2023 lalu.

Sepanjang 5 musim perjalanan Liga 1, terdapat 3 klub yang paling sering berada di posisi 6 besar klasemen yaitu, Persib Bandung, Bhayangkara FC dan juga Bali United.

Sementara ada 2 klub yang sering berada di posisi 6 terbawah sepanjang 5 musim kompetisi yang telah usai yaitu PS Barito Putera dan Persikabo 1973.

Bali United menjadi klub paling banyak meraih trofi Liga 1 yaitu musim 2019 dan musim 2021/2022. Bali United juga akan melakoni pertandingan cukup panjang untuk musim 2022/2023 dibandingkan musim sebelumnya.

Sebab, Serdadu Tridatu akan berjuang menghadapi 34 pertandingan dalam babak Reguler Series sebelum 4 besar tim terbaik di klasemen akan diadu kembali dalam babak Championship Series.

Tiga tim terbawah yang berada di dasar klasemen akan degradasi ke kasta dibawahnya.

Agenda yang diselenggarakan operator kompetisi PT. Liga Indonesia Baru (LIB) dimulai hari Jumat (16/6/2023) hingga Minggu (18/6) di Jakarta ini untuk melakukan penyegaran kesiapan kepanitaan menyambut kompetisi Liga 1 2023/2024.

Total perwakilan 18 klub dari Liga 1 2023/2024 menghadiri acara tersebut yang terdiri dari Ketua LOC Panpel, General Coordinator, Media Officer, Security Officer, dan Medical Officer yang berlangsung di Wyndham Casablanca Jakarta Hotel.

Bali United sendiri diwakili oleh I Ketut Suantika selaku Ketua LOC Panpel Stadion Dipta, Richi Kurniawan sebagai General Coordinator, Alexander Maha Putra Oemanas sebagai Media Officer, Gede Indra Ari Wangsa selaku Security Officer, Pande Putu Suarbawa sebagai perwakilan Match Stewards dan I Kadek Agus Indrawan sebagai Medical Officer. (git)

Post a Comment

Previous Post Next Post