Perspectives News

Wali Kota Jaya Negara Buka Musrenbang RKPD Kota Denpasar Tahun 2024

Wali Kota IGN Jaya Negara berpose bersama peserta Musrenbang RKPD Kota Denpasar 2024, Selasa (14/3/2023) (FOTO: ays)


DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Denpasar Tahun 2024, dibuka resmi Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara, Selasa (14/3/2023) di Gedung Graha Sewaka Dharma Lumintang.

Tampak hadir dalam kesempatan ini Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, Kepala Bappeda Denpasar I Putu Wisnu Wijaya Kusuma, dan unsur perwakilan Forkopimda Kota Denpasar, Kelompok Ahli Pembangunan Kota Denpasar, Akademisi dan seluruh OPD Pemkot Denpasar.

Jaya Negara  mengatakan, sesuai data pantia, rancangan anggaran 2024 angka tembus sampai Rp4 triliun, itu menandakan pemerintah semangat dalam membangun di Denpasar.

“Dalam proses perencanaan APBD dalam  2 tahun ini,  saya dari awal  membahas program-program yang diusulkan. Hal ini kami lakukan adalah ingin mempelajari apa saja kegiatan strategis yang ada di masing-masing  OPD.  Sehingga  nantinya kami tau semua kegiatan apa saja yang mendukung pembangunan di Kota Denpasar  secara lebih detail dalam satu dokumen,” kata Jaya Negara.

Dikatakan, dengan pola seperti ini pihaknya jadi tahu  indikator capaian apa saja di setiap OPD yang sudah terlaksana sesuai dengan visi misi Kota Denpasar dan mana prioritas program yang harus terlebih dahulu diutamakan demi kepentingan masyarakat.

Dengan rancangan anggaran tahun 2024 yang  tembus Rp4 triliun, sementara  diketahui  kemampuan APBD Kota Denpasar yang normal rata-rata hanya Rp2,2 triliun,  itu artinya  ada penyisiran kembali mana yang benar-benar prioritas yang harus dilaksanakan.

“Untuk itu dengan Musrenbang RKPD ini bisa mencari mana prioritas yang harus di utamakan dan mana bisa ditunda sementara waktu apa lagi ke depan banyak tantangan yang harus  dihadapi perbaikan infrastruktur, penerangan jalan, penataan kabel, sampah dan lain-lain,” katanya.

Jaya Negara mengakui walaupun kemampuan APBD terbatas, tapi dengan  semangat serta inovasi di tahun 2022 lalu banyak juga prestasi diraih di tingkat nasional melalui kinerja OPD.

“Untuk itu saya sangat mengapresiasi para OPD dengan terbatasnya anggaran yang ada bisa mencapai prestasi capaian yang tinggi.  Semoga tantangan yang berat ini bisa kita lewati dengan baik,” kata Jaya Negara.

Ketua Panitia Musrenbang yang juga Sekretaris Bappeda Kota Denpasar Luh Nyoman Rai Suryathi mengatakan tahapan penyusunan perencanaan yang telah dilaksanakan dimulai dari Musrenbang di Tingkat Desa/Kelurahan pada September s/d Oktober 2022; dilanjutkan dengan Musrenbang Tingkat Kecamatan dari tanggal 24 s/d 27 Januari 2023.

Pada tanggal 3 Pebruari 2023 dilaksanakan Forum Konsultasi Publik, pada tanggal 13 Pebruari s/d 3 Maret 2023 telah dilaksanakan Forum Perangkat Daerah dan selanjutnya hari ini tanggal 14 s/d 16 Maret 2023 merupakan tahapan pelaksanaan Musrenbang RKPD. (zil)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama