Perspectives News

PBSI Bali Panggil 25 Pebulutangkis untuk Seleksi Pra-PON

TABANAN, PERSPECTIVESNEWS – Konsistensi Pengprov PBSI Bali benar-benar terjaga, terbukti dengan rencana seleksi pebulutangkis untuk menghuni tim Pra-PON Bali direalisasikan.

Seleksi yang dilangsungkan 8-10 Maret tahun 2023 di Lapangan Bulutangkis Anugerah Denpasar itu rencananya diikuti 25 pebulutangkis yang telah dipaggil melalui Pengkab/Pengkot PBSI se-Bali. Jumlah tersebut terbagi dari 11 pebulutangkis putri dan 14 putra.

Sekretaris Umum Pengprov PBSI Bali IGB Arya Candra Palasara, mengatakan, para pebulutangkis tersebut dipanggil dari 6 Pengkab dan Pengkot yakni, PBSI Denpasar, PBSI Badung, PBSI Buleleng, PBSI Bangli, PBSI Tabanan dan PBSI Gianyar.

Jumlah panggilan pebulutangkis putra dan putri itu paling banyak dari PBSI Denpasar dengan 7 pebulutangkis, Badung 6 pebulutangkis, Buleleng 5 pebulutangkis, Gianyar 4 pebulutangkis, Bangli 2 pebulutangkis, dan Tabanan 1 pebulutangkis.

“Maksimal usai pebulutangkis yang ambil bagian dalam seleksi tersebut kelahiran tahun 2003 namun ada yang kelahiran tahun 2007. Ini untuk memenuhi persyaratan Pra-PON itu sendiri. Dan aturannya pastinya utuk kuota Pra-PON maksimal berjumlah 7 putra dan 7 putri dengan long list-nya yakni 14 putra dan 10 putri,” ujar pria yang akrab disapa Tu Gus itu, Selasa (7/3/2023).

Ia menambahkan, long list ini tujuannya untuk meggantikan jika tim Pra-PON terbentuk dengan jumlah kuota maksimal, lalu ada yang cedera atau mengundurkan diri maka masih bisa diganti.

Meski demikian, tak dipungkiri Tu Gus, sudah ada 3 pebulutangkis yang langsung lolos seleksi karena juara I pada Porprov Bali tahun 2022 silam.

Ketiganya yakni Ni Kadek Dhinda Amartya Pratiwi Juara I Tunggal Putri dari Badung, Ni Putu Wahyu Arisanthi dari Denpasar juara I Ganda Putri serta  Giovanny Alfiansyah Putra dari  Denpasar Juara Tunggal Putra.

“Mereka itu langsung lolos seleksi atau tidak ikut seleksi karena juara Porprov Bali 2022 dan usianya memang kelahiran maksimal 2003. Nanti hasil seleksi juga tergantung dari perankingan seleksi itu sendiri dengan sistim setengah kompetisi,” tegas Tu Gus yang juga pengurus KONI Tabanan tersebut.

Sedangkan kuota seleksi akan dicari untuk Tunggal Putra Juara 1 dan 2, Ganda Putra Juara 1 dan 2, Tunggal Putri Juara 1, 2 dan 3 serta Ganda Putri Juara 1. “Jadi kami harap pebulutangkis yang diapnggil semuanya bisa ikut seleksi,” pungkas Tu Gus. (djo)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama