Bali United Bertekad Raih Poin Penuh di Kandang RANS Nusantara

Pelatih Bali United Stefano Cugurra saat konferensi pers sebelum melawan tuan rumah RANS Nusantara FC, Selasa (24/1/2023) (FOTO: Alex MO)
Share this post

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Bali United akan melakoni pertandingan pekan ke-20 Liga 1 2022/2023 dengan bertandang ke markas RANS Nusantara FC pada Rabu (25/1/2023) ini.

 Menjelang lawatannya ke Stadion Pakansari, Bogor pasukan Serdadu Tridatu mengusung tekad penuh untuk mencuri poin penuh usai dua laga paruh kedua belum meraih kemenangan.

Pasukan besutan Stefano “Teco” Cugurra ini dituntut fokus dan berkonsentrasi penuh hingga menit akhir agar tidak kembali tergelincir seperti saat kalah 2-3 dari Persija Jakarta, Minggu (15/1/2023) dan imbang 2-2 dengan PSM Makassar, Jumat (20/1/2023).

Bali United sejatinya memiliki modal lebih dari cukup untuk meraih kemenangan atas RANS Nusantara FC pada pertemuan kedua ini.

Salah satu kelemahan tim racikan Rahmad Darmawan tersebut yang dapat dimanfaatkan adalah rasio kebobolan mereka rata-rata terjadi pada pertengahan babak pertama.

Berdasarkan data yang dilansir dari Soccerway, RANS Nusantara FC cenderung kebobolan pada rentang 30-45 menit awal. Hal tersebut pun dibuktikan dari dua laga terakhir melawan PSIS Semarang dan PSS Sleman yang berakhir kekalahan 0-1 serta 0-2.

Di mana, Carlos Fortes sukses mencatatkan namanya di papan skor bagi skuad Mahesa Jenar pada menit 46 sedangkan Super Elja mencetak dua gol dari Yevhen Bokhashvili (34’) dan Todd Rivaldo Ferre (81’).

Berbanding terbalik, Bali United justru tampil tajam pada babak pertama, yang mana rata-rata gol Ilija Spasojevic cs lebih banyak tercipta pada rentang menit 15-30.

Masih berdasarkan data Soccerway, sebanyak 11 gol Serdadu Tridatu dicetak pada menit 15-30 dan 6 gol tercipta pada menit 30-45.

Dari dua pertandingan terakhir sendiri, tim juara bertahan Liga 1 ini pun mencetak gol pada babak pertama.

Dimulai dari brace Ilija Spasojevic (27’, 42’) saat kalah dari Persija Jakarta dan gol pembuka Eber Bessa (27’) ketika imbang dengan PSM Makassar.

Catatan tersebut tentu harus dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh Bali United untuk meraih poin penuh pada laga ini. Namun, skuad Serdadu Tridatu juga patut memperbaiki lini belakang yang kerap kali kebobolan pada menit-menit akhir.

“Semua pertandingan memiliki waktu yang cukup dekat. Fokus tim pertama adalah perihal recovery. Setelahnya baru kita coba lakukan satu latihan taktik. Evaluasi sudah pasti agar di pertandingan berikutnya bisa memperoleh hasil maksimal,” ungkap Coach Teco.

Persiapan pun dilakukan pelatih asal Brasil tersebut jelang pekan ke-20 agar sukses meraih kemenangan pertama di paruh kedua. Salah satunya dengan menyaksikan pertandingan antara RANS Nusantara FC yang bertandang ke markas PSS Sleman beberapa waktu lalu.

“Ya, saya menonton pertandingan mereka. Saya pikir setiap pertandingan bisa berbeda, dari semangat dan konsentrasi di lapangan. Meskipun mereka (RANS Nusantara) kalah sama PSS Sleman, kita dari Bali United harus respek dan tetap fokus kerja keras untuk bisa dapat hasil waktu datang di sana (Bogor),” jelas Coach Teco. (djo)