Kantongi Lisensi A AFC, Pasek Buat Skuad Bali United U-20 Kinclong

Made Pasek Wijaya akan membuat Bali United U-20 makin bersinar setelah kantongi Lisensi A AFC (FOTO: laman bali united)
Share this post

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Bali United U-20 tanpa kenal lelah terus berlatih bersama menyongsong gelaran Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-20 musim ini.

Meskipun sampai saat ini kompetisi sepak bola elit usia muda itu masih belum dimulai, tetapi pasukan Serdadu Tridatu Muda tetap menggelar latihan.

Tidak hanya berlatih, skuad racikan Made Pasek Wijaya itu juga mengimbanginya dengan melakukan partai uji coba.

Beberapa kali Bali United U-20 terlibat dalam laga uji coba menghadap tim-tim lokal Bali. Program latihan rutin ditambah uji coba tersebut tentu semakin mengasah kekuatan dan kekompakan skuad Serdadu Tridatu Muda.

Semakin lengkap, komposisi Bali United U-20 juga bisa dikatakan solid di setiap lini. Pasalnya, skuad Serdadu Tridatu Muda yang akan berlaga di EPA Liga 1 U-20 ini sudah memiliki chemistry yang kuat.

Hal tersebut tidak terlepas dari skuad Bali United U-20 musim ini yang didominasi oleh alumnus tim Bali United U-18 yang sukses menjuarai EPA U-18 2021 lalu.

Nama-nama seperti Made Kaicen, Rahmat Arjuna, hingga duo pemain yang merasakan promosi ke tim senior, I Made Tito dan Komang Aryantara kembali bermain bersama.

Komposisi skuad tersebut tentu membuat proses adaptasi dan pengenalan antarpemain menjadi lebih mudah. Sebab, Made Tito dkk sudah saling mengenal dan pernah bermain bersama.

Bukan hanya faktor skuad saja yang membuat Bali United U-20 lebih siap dalam mematangkan tim. Dari sisi juru racik pun demikian.

Sebab, sang pelatih kepala, Made Pasek Wijaya datang dengan segudang ilmu selepas menyelesaikan kursus lisensi kepelatihannya pada 3 September lalu.

Kini, dengan bekal lisensi A AFC di tangan, pelatih asal Karangasem ini siap mempraktikkan seluruh ilmunya ke skuad Bali United U-20 di EPA Liga 1 U-20 mendatang.

“Tentunya saya mendapat banyak ilmu kepelatihan. Pertama ilmu taktikal terutama dengan formasi yang ada di dalam sepak bola yang tentu dapat saya aplikasikan ke dalam bentuk latihan tim ini. Juga, mendapatkan ilmu tentang bagaimana mengatur tim untuk dapat menjaga kebersamaan dalam tim,” ujar Coach Pasek.

Tangan dingin Coach Pasek dalam menukangi tim junior Bali United memang tidak perlu diragukan lagi. Sederet prestasi apik berhasil ditorehkannya, salah satunya adalah gelar juara EPA U-18 2021 bagi Bali United U-18 dan penghargaan sebagai pelatih terbaik di ajang itu sukses direngkuhnya.

Tidak hanya itu, ayah kandung bek Bali United, Made Andhika Wijaya ini juga pandai mengasah bakat pesepak bola muda menjadi bintang.

Sebut saja Irfan Jauhari yang kini berseragam Persis Solo, Meru Kimura dengan RANS Nusantara FC, dan juga para pemain yang promosi ke tim Bali United senior yaitu Komang Tri, Agus Mahendra, Kadek Dimas, Komang Aryantara hingga Made Tito Wiratama jadi bukti nyatanya. (red)