Desa Sanur Kauh Lakukan Pembersihan Sungai Mengantisipasi Banjir

Petugas kebersihan sedang membersihkan sampah di selokan agar tidak terjadi banjir saat hujan lebat. (FOTO: agus)
Share this post

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Petugas kebersihan Desa Sanur Kauh melakukan pembersihan aliran air sungai untuk menjaga kelancaran aliran air menuju hilir, yang dilakukan di Jl. Tirta Akasa Dusun Betngandang Sanur Kauh, Selasa (25/10/2022).

Ketika dikonfirmasi terkait kegiatan ini, Perbekel Sanur Kauh Made Ada mengungkapkan, panjang aliran sungai yang dibersihkan 500 meter.

“Adanya petugas khusus kebersihan ini sangat membantu masyarakat dalam kegiatan pembersihan sungai. Tak hanya itu, petugas ini juga bertugas memotong rumput, mengangkut sampah tanpa tuan, membersihkan got, saluran air, dan merompes pohon di seputar desa,” katanya.

Dalam kegiatan ini pihaknya melibatkan petugas kebersihan desa berjumlah 6 orang, juru pemantau lingkungan (jumali) 2 orang serta beberapa petugas rutin setiap hari keliling desa.

Dari hasil investigasi di lapangan terdapat jenis sampah yang dibersihkan antara lain rumput-rumput yang tumbuh di dasar sungai, sampah plastik dan semak-semak yang tumbuh di pinggir sungai.

“Masyarakat diimbau tidak membuang sampah ke sungai, dan ikut peduli menjaga kebersihan sungai sehingga tidak terjadi banjir atau genangan air,” pungkas Made Ada. (ari)