Ketua TP PKK Provinsi Bali Serahkan Bansos Penanganan Inflasi di 4 Kecamatan di Denpasar

Ketua TP PKK Provinsi Bali foto bersama usai serahkan Bansos penanganan inflasi di 4 kecamatan di Denpasar. (Foto: Hum)
Share this post

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS– Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster menyerahkan bantuan sosial dalam rangka penanganan dampak inflasi bagi kadek PKK desa dan kelurahan pada empat kecamatan di Kota Denpasar, Jumat (21/10/2022).

Penyerahan Bansos diawali di Wantilan Pura Dalem Bungkeneng Desa Adat Tonja Kecamatan Denpasar Utara lanjut ke Banjar Biaung Desa Kesiman Kertalangu Kecamatan Denpasar Timur. Lokasi berikutnya adalah Wantilan Pura Dalem Desa Adat Panjer Kecamatan Denpasar Selatan dan terakhir di Kantor Camat Denpasar Barat.

Menyesuaikan dengan luas wilayah, jumlah penerima bansos di Denpasar Timur dan Selatan masing-masing sebanyak 150 kader PKK. Sedangkan untuk wilayah Denpasar Utara sebanyak 170 kader dan 175 kader di wilayah Denpasar Barat. Total penerima bansos penanganan inflasi di Kota Denpasar total berjumlah 645 orang.

Masing-masing kader PKK menerima bantuan berupa 25 Kg beras, 2 kerat telur ayam dan 4 liter minyak goreng.

Ny. Putri Koster dalam sambutannya menyampaikan, bansos penanganan inflasi ini merupakan program Pemprov Bali, dengan sasaran kader PKK di dua wilayah yang telah ditetapkan yaitu Kota Denpasar dan Kabupaten Buleleng.

“Saya dapat tugas menyerahkan bantuan sosial untuk meringankan beban masyarakat di tengah tekanan inflasi yang melanda daerah Bali,” ucapnya.

Ditambahkan, Bali sempat berada di peringkat tujuh dalam rata-rata tingkat inflasi secara nasional.

Menurutnya, inflasi antara lain dipicu ketidakstabilan harga kebutuhan pokok seperti cabai, kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM dan mulai maraknya upacara pasca membaiknya pandemi Covid-19.

Namun ia bersyukur karena masyarakat Pulau Dewata relatif tenang dalam menyikapi gejolak harga sejumlah bahan kebutuhan pokok.

Ia berharap, bansos yang disalurkan pemerintah ini dapat meringankan beban masyarakat dalam menghadapi situasi sulit.

“Ini merupakan wujud kepedulian pemerintah terhadap kondisi masyarakat dan ia bersyukur karena yang dipilih adalah para kader PKK,” sebutnya.

Ny. Putri Koster mendorong kader PKK memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami cabai, sayur mayur dan tanaman bermanfaat lainnya. Hal ini sejalan dengan program Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (HATINYA PKK). Khusus untuk wilayah Kota Denpasar yang rata-rata penduduknya tinggal di pekarangan tak begitu luas. Ia mendorong gerakan berkelompok pemanfaatan lahan tidur milik pemerintah untuk ditanami kebutuhan dapur.

Kegiatan penyerahan bansos penanganan inflasi di empat lokasi juga dihadiri Ketua TP PKK Kota Denpasar Sagung Antari Jaya Negara, Ketua BKOW Kota Denpasar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Bali Putu Anom Agustina.  (zil)