Ratusan Pencari Kerja di Jembrana Ikuti Pelatihan

Para pencari kerja yang mengikuti pendidikan dan pelatihan keterampilan, yang diselenggarakan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PMPTSPTK) Kabupaten Jembrana, Jumat (21/10/2022). (FOTO: humas jr)
Share this post

JEMBRANA, PERSPECTIVESNEWS – Sebanyak 224 orang pencari kerja mengikuti pendidikan dan pelatihan keterampilan, yang diselenggarakan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PMPTSPTK) Kabupaten Jembrana, Jumat (21/10/2022).

Pelatihan yang dibuka langsung Kepala Dinas PMPTSPTK Kabupaten Jembrana, Made Budiarta di Gedung Auditorium Jembrana ini sebagai wujud pengembangan kompetensi keterampilan di bidang tenaga kerja.

Kepala UPTD Balai Latihan Kerja Jembrana, Putu Agus Arimbawa menjelaskan dalam pendidikan pelatihan tenaga kerja kali ini ada 8 (delapan) jenis kegiatan.

“Pelatihan tersebut di antaranya, menjahit, spa therapist, room attendant, bahasa Jepang, bahasa Inggris, barista, bartender serta pembuatan roti dan kue,” jelasnya.

Sementara Bupati Jembrana I Nengah Tamba dalam sambutannya dibacakan Kepala Dinas PMPTSPTK Made Budiarta, mengatakan pelatihan keterampilan ini merupakan bagian penting program menuju Jembrana Emas 2026. Dimana pada saatnya nanti akan membutuhkan banyak tenaga kerja yang harus mulai dipersiapkan dari sekarang.

“Saya berharap pelatihan ini mampu meningkatkan kompetensi tenaga kerja dan produktivitas tenaga kerja dengan harapan setelah selesai mengikuti pelatihan keterampilan ini bisa menambah pengetahuan dan mempunyai skill sehingga mampu bersaing di pasar kerja,”ujarnya.

Dengan diikuti ratusan para pencari kerja, ke depan pihaknya berharap pelatihan ini akan melahirkan tenaga kerja terdidik dan terlatih sehingga mampu terserap ke dalam dunia kerja baik lokal maupun nasional bahkan internasional dengan menjadi pekerja migran Indonesia, yang akan mampu mendatangkan devisa bagi kabupaten Jembrana pada khususnya.

“Oleh sebab itu ikuti pelatihan ini dengan baik. Jika serius dalam mengikuti tentu ilmu yang didapat selama pelatihan akan menjadi modal utama kalian dalam bersaing dalam dunia kerja nantinya,”pungkasnya.(yogi/hmsj)