Ny. Putri Koster Tinjau Korban Banjir Bandang di Jembrana

Ny. Putri Koster saat menyerahkan bantuan kepada korban banjir bandang di Bilukpoh, Selasa (18/10/2022) (FOTO: humas pemprov)
Share this post

JEMBRANA, PERSPECTIVESNEWS – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Koster bersama TP PKK Kabupaten Jembrana menyerahkan bantuan 2,165 ton kepada para korban bencana banjir bandang di Lingkungan Bilukpoh, Kelurahan Tegal Cangkring, Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Selasa (Anggara Paing Watugunung) 18 Oktober 2022.

Hujan deras yang mengguyur Bali termasuk Jembrana sejak seminggu terakhir, mengakibatkan banjir di sejumlah lokasi khususnya area sekitar bantaran sungai. Dampak terparah untuk di Jembrana terjadi di Bilukpoh, di mana banyak rumah warga disapu banjir.

Banjir ini juga mengakibatkan akses jalan Denpasar-Gilimanuk sempat lumpuh total akibat jalan dan jembatan penuh dengan kayu dan material banjir. Kini akses jalan tersebut sudah dibuka kembali.

Data menunjukkan di Bilukpoh, banjir menyebabkan 71 KK menjadi korban. Sebagian besar korban mengungsi ke rumah kerabat dan 25 KK mengungsi di posko pengungsian yang dipusatkan di Bale Tempek Kerta Sari, Bilukpoh. Sedangkan di Desa Penyaringan, korban banjir bandang mencapai 101 KK yang berada tepat di bantaran timur sungai.

“Saat ini yang paling penting, bapak-ibu seharusnya mendapatkan tempat tinggal yang sehat dan layak,” ungkap Ketua TPP PKK yang akrab disapa Bunda Putri ini. Ia menginisiasi agar keluarga terdampak banjir dapat dititipkan sementara kepada keluarga lain yang tidak terdampak sehingga keluarga korban banjir akan terjamin kesehatannya.

Menurut Bunda Putri, lingkungan posko pengungsian korban banjir saat ini masih tidak layak. “Ketika malam hujan angin orang tua bisa masuk angin dan yang menengok belum tentu juga sehat, bisa saja membawa virus. Yang utama yang kita cari adalah sehat dulu,” ungkapnya sembari meminta agar masyarakat berhenti bermukim di bantaran sungai karena berbahaya. (ari)