XL Axiata Perkuat Jaringan Data Sambut Pembukaan Pariwisata di Kepulauan Riau

BTS XL Axiata

BATAM, PERSPECTIVESNEWS– PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memperkuat jaringan 4G XL Axiata di Provinsi Kepulauan Riau, termasuk Batam dan Bintan dalam upaya menyukseskan Travel Bubble Batam Bintan.

Di dua kawasan yang bersebelahan dengan negara tetangga Singapura dan Malaysia tersebut, saat ini jaringan 4G XL Axiata telah menjangkau sedikitnya 121 desa dan 24 kecamatan.

Group Head XL Axaita West Region, Desy Sari Dewi, mengatakan,”XL Axiata terus melakukan penguatan jaringan 4G di Kepulauan Riau sebagai upaya mendukung pariwisata dan perekonomian daerah, serta peningkatan literasi digital masyarakat. Keberadaan jaringan dan layanan data yang baik juga akan memangkas kesenjangan digitalisasi kawasan ini dari kawasan lain yang sudah maju. Apalagi Batam dan Bintan bersebelahan langsung dengan Singapura dan Malaysia. Kita tentu ingin masyarakat setempat semakin maju, dan di sisi pariwisata, jaringan data yang kuat juga akan mendukung kebangkitan industri wisata di sini,” ucapnya di Batam, Senin (4/4/2022).

Desy menambahkan, dalam 2 tahun terakhir ini, ada peningkatan trafik data tumbuh sebesar 11% di seluruh Provinsi Kepulauan Riau. Hal ini menunjukkan jaringan 4G di sana dimanfaatkan secara maksimal oleh warga setempat untuk berbagai keperluan, termasuk aktivitas produktif, sosial, juga hiburan sehingga membuat XL Axiata terus melakukan penambahan BTS 4G di Kepri dan pulau sekitarnya. Pada tahun 2021 ada penambahan sekitar 30 BTS.

Di tahun 2022, XL Axiata akan terus melakukan penambahan sekitar 25 BTS khusus di Batam dan Bintan. Di beberapa tempat-tempat wisata, seperti Nongsa Batam dan Lagoi Bintan, kualitas jaringan XL Axiata telah menjangkau objek wisata di Kepri tersebut, sehingga pelanggan bisa berselancar di dunia maya untuk menikmati upload foto-foto terbaik selama berada di sana. Dari sisi jumlah pelanggan, ada lebih dari 303 ribu pelanggan di Batam dan Bintan, dari total sekitar 400 ribu pelanggan di seluruh Kepulauan Riau.

“Kami yakin, saat ini pandemi sudah terkendali dan kawasan wisata mulai dibuka kembali, maka trafik data akan meningkat pesat. Apalagi Batam sudah ditetapkan sebagai destinasi super prioritas. Sebagai destinasi super prioritas, kami juga telah menyiapkan infratruktur penunjangnya, antara lain dengan fiberisasi jaringan di Provinsi Kepulauan Riau. Fiberisasi jaringan 4G juga telah berjalan di wilayah Provinsi Kepulauan Riau, termasuk di Batam dan Bintan,” lanjut Desy.   (ari)