Tim Panjat Tebing Bali Akhirnya Finis Tiga Besar

Atlet panjat tebing Bali berhasil naik podium pada Kejurnas Kelompok Umur di Banda Aceh yang berakhir Kamis (25/11/2021). Bali finis di peringkat ketiga.

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Tim panjat Tebing muda Bali akhirnya tembus tiga besar atau di ranking 3 perolehan medali dengan raihan 4 emas, 6 perak dan 5 perunggu pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panjat Tebing Kelompok Umur (KU) XV di Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh yang berakhir Kamis (25/11/2021).

 Dalam pertandingan kemarin, dua pemanjat tebing putra Bali yang sama-sama turun di final disiplin Combain World Record (WR) yakni, IGN Bayu Segara dan Himalaya, gagal meraih emas hanya meraih perak dari Bayu Segara sedangkan Himalaya dengan meraih medali perunggu.

Sehari sebelumnya Bali sempat berada di posisi 2 perolehan medali sementara menggeser DKI Jakarta dengan jumlah raihan sama 4 emas, sama juga dengan 5 perak namun Bali unggul di perunggu dimana Bali 4 perunggu dan DKI Jakarta 2 perunggu.

“Tapi di hari terakhir Bali kembali digeser DKI Jakarta di posisi 2 karena DKI Jakarta meraih medali emas di disiplin Combain WR putri sedangkan Bali tak menurunkan pemanjat tebing putri di disiplin itu. Sementara Bayu Segara dan Himalaya meraih perak dan perunggu saja,” tutur manajer tim panjat tebing muda Bali, Ponti Hardiyanto saat dihubungi dari Denpasar, Kamis (25/11/2021).

Dengan demikian, lanjutnya, dari 25 provinsi yang turut ambil bagian pada Kejurnas KU XV itu, juara umum menjadi milik Jawa Timur (Jatim) dengan raihan total 8 emas, 8 perak dan 2 perunggu, ranking 2 ditempati DKI Jakarta dengan 5 emas, 5 perak dan 3 perunggu, ranking 3 ditempati Bali dengan 4 emas, 6 perak dan 5 perunggu.

Sementara itu Ketua Umum Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bali, Putu Yudi Atmika mengakui hasil itu sangat membanggakan sekaligus menunjukkan jika pembinaan para pemanjat tebing muda Bali berjalan dengan bagus dan berkesinambungan.

“Kami benar-benar bangga dan bersyukur dengan hasil ini. Semoga prestasi ini tetap terjaga bahkan meningkat diraih para pemanjat muda Bali di event-event nasional maupun internasional nantinya,” demikian Yudi Atmika. (yus)