Renang Bali Akhiri Paceklik Medali Emas PON setelah Komang Adinda Meraihnya

Komang Adinda Nugraha finis pertama dan memastikan medali emas pertama renang Bali. (FOTO: PB PON XX Papua)

JAYAPURA, PERSPECTIVESNEWS – Bali akhirnya meraih emas pertama pada perlombaan renang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua melalui Komang Adinda Nugraha. Ia menjadi yang tercepat pada nomor 50m gaya punggung putri dengan membukukan waktu 30,31 detik di Arena Akuatik Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Rabu (13/10/2021) malam.

“Kalau puas tentunya belum. Karena saya harus makin maju lagi. Cuma tak menyangka bisa menjadi yang terdepan tadi,” ujar Komang Adinda usai lomba.

Komang Adinda mengaku sempat mengalami cedera dua hari yang lalu. “Bahu dan ankle saya mengalami cedera,” katanya ketika ditanya kendala selama PON Papua.

Komang Adinda menjadi juara setelah mengalahkan AA Istri Kania Ratih Atmaja dari DKI Jakarta yang membukukan 30,63 detik. Sementara perunggu diraih wakil Jawa Timur, Nurul Fajar Fitriyati dengan catatan waktu 30,80 detik.

“Tentunya kemenangan ini memotivasi saya untuk terus meraih prestasi lebih tinggi lagi,” kata Komang Adinda.

Sebelumnya pada sektor putra, nomor 50 meter gaya punggung putra diraih wakil DKI Jakarta, I Gede Siman Sudartawa. Dia mempertahankan medali emas usai mencatatkan waktu 25,77 detik.

Siman Sudartawa mengalahkan wakil tuan rumah Papua Farrel Armandio Tangkas dengan catatan waktu 26,67 detik. Sementara perunggu diraih Diwiki Anugrah dari DKI Jakarta dengan catatan waktu 26,77 detik.

Kontingen Bali hari ini meraih 6 medali emas, terdiri dari 2 dari karate, 2 dari atletik, dan masing-masing 1 medali emas dari renang dan tinju.

Medali emas dari karate disumbang Kadek Krisna Dwiantara di kategori kumite kelas 60kg putra setelah mengalahkan Milio Oner dari Sumatera Barat dengan skor 4-1 dan Cokorda Istri Sanistyarani setelah mengalahkan karateka Jawa Barat, Dinda Ayu dengan skor 4-2 di kelas -55kg putri. Raihan emas karate ini meningkat dari pencapaian saat PON 2016 lalu dengan 1 emas. 

Selanjutnya atletik, medali emas diraih dari Ni Made Eppi Wilan di nomor lompat tinggi putri dengan lompatan setinggi 174m, dan Ketut Mertayasa di nomor lari 800 meter putra. Kemudian tinju oleh Kornelis Kwangu Langu dan renang oleh Komang Adinda Nugraha di nomor 500 meter gaya punggung putri. (yus)