Pinjaman dari Pegadaian dengan Tarif Sewa Modal mulai Rp 900 Per Hari

Pegadaian beri kemudahan dengan fitur Gadai Harian

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Sebagai langkah antisipasi, sebaiknya kita mempersiapkan dana darurat untuk pengeluaran tak terduga. Untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan tidak terduga, Pegadaian hadir dengan inovasi baru melalui fitur “Gadai Harian” dengan tarif sewa modal sistem harian.

Gadai Harian adalah pinjaman dengan menjaminkan barang berharga di Pegadaian dengan sistem sewa modal yang lebih fleksibel. Bedanya, Gadai Harian memiliki tarif sewa modal yang dikenakan per hari, yaitu mulai dari 0,09 persen.

Jika nasabah melakukan pinjaman uang sebanyak Rp 1 juta maka tarif sewa modalnya hanya sebesar Rp 900 per hari. Dengan tarif yang lebih kecil, tentunya memberikan keuntungan bagi nasabah yang ingin melunasi gadaiannya di luar periode kelipatan 15 hari.

Melalui fitur Gadai Harian yang memberikan fleksibilitas bagi nasabah, Pegadaian menerima berbagai jenis barang jaminan. Beberapa daftar barang yang bisa menjadi jaminan antara lain:

  • Jaminan Emas meliputi perhiasan emas, logam mulia, atau berlian
  • Jaminan Non Emas meliputi barang elektronik dan gawai
  • Kendaraan meliputi mobil dan sepeda motor

Sama seperti prosedur Gadai pada umumnya, fitur Gadai Harian bisa didapatkan dengan mendatangi kantor cabang Pegadaian terdekat dengan membawa barang jaminan, dilengkapi Kartu Tanpa Penduduk (KTP) milik sendiri yang masih berlaku.

Sesampainya di Pegadaian, petugas akan melakukan taksiran. Kemudian akan disepakati besaran uang pinjaman yang dapat dibawa pulang. Setelah menyepakati jumlahnya, nasabah dapat memilih jangka waktu Gadai Harian yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing.

Untuk jaminan emas, jangka waktu pinjaman yang dapat diambil berkisar dari 15 hingga 120 hari. Sedangkan untuk jaminan non emas, jangka waktunya sedikit lebih singkat, yakni 15 hingga 60 hari. Namun kita bisa melakukan perpanjang, cicil, atau tebus gadai sewaktu-waktu, menyesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan.

Pegadaian juga memudahkan transaksi pembayaran melalui aplikasi Pegadaian. Caranya dengan mengunduh aplikasi Pegadaian Digital dan melakukan registrasi data diri supaya dapat melihat portofolio kredit dan investasi yang dimiliki.

Selanjutnya, pada menu “Pembayaran & Top Up” di halaman utama, pilih Pembayaran Gadai, lalu masukkan jenis dan nomor kredit sesuai yang tertera pada Surat Bukti Gadai (SBG). Setelah itu langsung melanjutkan ke proses pembayaran. Selain itu, proses tebus, gadai, cicil, dan permintaan tambah pinjaman juga dapat dilakukan lewat aplikasi ini.

Biaya administrasi Gadai Harian baru akan dibayarkan pada saat pelunasan dengan besaran 1 persen dari uang pinjaman; minimal Rp 5 ribu hingga maksimal Rp 1 juta. Fitur ini tentunya sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan sehingga terjamin keamanannya.   (ari)