Ketua TP PKK Denpasar Serahkan Bibit Tanaman ke Rumah Lokus

Ketua TP PKK Kota Denpasar, Sagung Antari Jaya Negara, bersama Wakil Ayu Kristi Arya Wibawa saat memanen buah lokal di Rumah Lokus di Kelurahan Peguyangan, Denpasar, Jumat (8/10/2021)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Tim Penggerak (TP) PKK Kota Denpasar terus berupaya untuk menggiatkan dan membangkitkan terwujudnya program Hatinya PKK (Halaman Asri, Teratur, Indah, dan Nyaman) di masing masing rumah tangga di Kota Denpasar.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Ketua TP PKK Kota Denpasar, Sagung Antari Jaya Negara, bersama Wakil Ayu Kristi Arya Wibawa menyerahkan bibit tanaman kepada Rumah Lokus Kecamatan se-Kota Denpasar di Rumah Lokus di Kelurahan Peguyangan, Denpasar, Jumat (8/10/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Sagung Antari Bersama Ayu Kristi menyempatkan diri menanam berbagai bibit tanaman dan panen buah lokal.  Sagung Antari mengatakan terwujudnya Hatinya PKK di masing-masing rumah tangga akan membantu perekonomian keluarga karena tidak perlu membeli bahan kebutuhan seperti sayur-mayur maupun bumbu.

Terlebih lagi di masa pandemi seperti saat ini, menurutnya, ketahanan pangan keluarga menjadi prioritas program dari terwujudnya 10 program pokok PKK yang ada di Kota Denpasar.

“Untuk itu kami ingin mengedukasi masyarakat untuk menggiatkan ketahanan pangan keluarga melalui terwujudnya Hatinya PKK di masing-masing rumah tangga,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, dalam mewujudkan Hatinya PKK dapat melalui penanaman berbagai jenis tanaman baik itu tanaman hortikultura dan berbagai tanaman hias yang tujuannya membentuk rumah sebagai tempat yang nyaman rumah yang mampu memberikan edukasi meningkatkan pangan keluarga.

“Seperti kondisi saat ini keluarga tidak harus membeli sayur, cabai, dan lain-lain karena sudah ada ketahanan pangan Hatinya PKK dan perekonomian keluarga dapat ditingkatkan.” tambahnya.

Bantuan bibit tanaman ini diberikan kepada 4 rumah Lokus, di mana masing-masing kecamatan itu ada satu lokus. Nantinya akan dibina sebagai percontohan Hatinya PKK dengan tujuan mampu memberikan edukasi dan juga sebagai pendukung untuk desa/kelurahan dalam bekerja sama semangat gotong-royong untuk mampu mewujudkan Hatinya PKK di tempat lain.

Ditambahkannya, ke depannya desa dan kelurahan diharapkan mampu mengimplementasikan melalui penggunaan anggaran desa secara gotong-royong sehingga semakin banyak terbentuk Hatinya PKK.

Dijelaskan Sagung Antari, pemilihan Rumah Lokus telah ditunjuk oleh desa/lurah kecamatan. “Tentunya ini berdasarkan ada kemauan, jika diberikan bantuan tanaman tetapi jika yang diberikan tanaman tidak ada kemauan tentunya tidak akan menghasilkan hasil yang baik,” tukasnya.

Selain itu, pemilihan juga dilakukan di tempat yang strategis untuk mengimbas dan mengembangkan daerah di sekitarnya.

Pemilik Rumah Lokus, I Gusti Ayu Mas Sutrini, mengucapkan terima kasih atas bantuan bibit tanaman yang diberikan. Menurutnya, dengan bantuan ini dapat menambah berbagai jenis tanaman yang juga membantu meningkatkan perekonomian keluarga karena berbagai jenis kebutuhan pokok bisa dipetik langsung.   (ari)