Jaya Negara Tekankan Pentingnya Koordinasi dan Sinergitas dalam Tangani Covid 19

Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara, bersama Pj. Sekda Kota Denpasar, I Made Toya, dengan saat memimpin Rapat Evaluasi Penanganan Covid-19 di Kantor Wali Kota Denpasar, Sabtu (31/7/2021)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara, mengajak seluruh anggota Satgas Covid-19 di Kota Denpasar untuk terus meningkatkan koordinasi dan sinergitas lintas sektor.

Hal ini disampaikannya saat memimpin Rapat Evaluasi Satgas Covid-19 di Kota Denpasar yang dipandu Pj. Sekda Kota Denpasar, I Made Toya, di Kantor Wali Kota Denpasar, Sabtu (31/7/2021).

Hal ini menyikapi fakta di lapangan bahwa kasus Covid-19 masih cukup tinggi sehingga diperlukan penanganan yang taktis namun tetap sesuai SOP dan berpedoman pada aturan yang berlaku dengan optimalisasi kordinasi dan sinergitas lintas sektor.

“Karena situasi kasus Covid-19 di Kota Denpasar masih belum menentu, Satgas hendaknya lebih taktis dan fleksibel, namun tetap tanggap dan berpedoman pada SOP, serta terus berkordinasi dan membangun sinergitas bersama, termasuk dengan satuan-satuan yang lain seperti TNI dan Polri,” jelasnya.

Selain itu, Jaya Negara juga menekankan bahwa saat ini situasi sangat sulit. Tambahnya, BOR rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Denpasar rata-rata terisi di atas 80 persen bahkan ada yang sudah 100 persen.

Melihat hal ini Jaya Negara menyebutkan diperlukannya koordinasi lintas sektor untuk mendukung ketersediaan ruang isolasi khusus Covid-19, termasuk juga ketersediaan oksigen dan lokasi isolasi  terpusat.

“Stok oksigen juga harus dipastikan, kita harus terus berkomunikasi lintas sektor, baik itu pemerintah provinsi, RS Swasta dan lainnya sehingga penanganan Covid-19 di Kota Denpasar dapat dioptimalkan,” tegas Jaya Negara.

Jaya negara mengaku pihaknya juga sudah menjajaki komunikasi dengan RS Swasta agar memaksimalkan ruang isolasi perawatan Covid-19, termasuk juga RSUD Wangaya yang terus mengonversi dan menambah ruangan menjadi ruang isolasi.

Tak hanya itu, Jaya Negara juga mengajak seluruh Satgas dan masyarakat untuk mendukung percepatan program vaksinasi Covid-19 sehingga secara berkelanjutan dapat menjadi ikhtiar bersama dalam mengakhiri pandemi.

“Vaksinasi juga terus kami maksimalkan, untuk mencegah penularan Covid-19 serta membentuk imunitas tubuh masyarakat,” imbuhnya.

Selain dari sisi kesehatan, pihaknya juga mengajak seluruh OPD dan masyarakat untuk bergotong-royong dalam mendukung pergerakan ekonomi masyarakat di masa penerapan PPKM level 4 ini.

“Tentu tidak hanya kesehatan, kami juga mengajak masyarakat bersama-sama untuk bergotong-royong, termasuk OPD agar memaksimalkan program bapak angkat kebersihan untuk mendukung pergerakan ekonomi dengan berbelanja di UMKM yang ada di desa/kelurahan binaannya sehingga bisa membantu masyarakat, dan semoga pandemi segera usai,” harapnya.   (ari)