Pembukaan PKB XLIII, Jaya Negara: Jadi Wahana Kreativitas Seniman di Masa Pandemi

Pembukan PKB XLIII di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Art Center, Denpasar (12/6/2021)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIII Tahun 2021 telah resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo secara virtual dari Istana Negara pada Sabtu (12/6/2021). PKB XLIII dilaksanakan di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Art Center, Denpasar.

Hadir secara langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga, Gubernur Bali, Wayan Koster, Wagub Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Ketua DPRD Bali, Nyoman Adi Wiryatama, Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara, Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, serta bupati se-Bali.

Presiden Joko Widodo mengatakan penyelenggaran PKB ke-43 ini menjadi bukti bahwa dalam tekanan pandemi ini kreativitas dan produktivitas seni masyarakat Bali tetap tumbuh.

Jokowi turut mengapresiasi tema PKB yakni ‘Purna Jiwa Prananing Wana Kerthi’ yang mengajak pemuliaan flora dan fauna serta keanekaragaman hayati.

Sementara Gubernur Koster mengatakan pelaksanaan PKB merupakan wahana pelestarian dan pengembangan seni tradisi.

Ia menambahkan Pemprov Bali berkomitmen untuk terus memajukan kebudayaan Bali melalui visi misi ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’ dengan meningkatkan kualitas penyelenggaraan PKB tiap tahunnya.

Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara, memberikan dukungan penuh atas penyelenggaraan PKB Tahun 2021 ini.

Menurutnya, gelaran PKB yang dilaksanakan di masa pandemi saat ini menjadi angin segar bagi para seniman Bali, khususnya Kota Denpasar.

Jaya Negara berharap PKB tahun ini mampu menjadi wahana puncak kreativitas para seniman Kota Denpasar sehingga seni dan budaya tetap lestari walau di masa pandemi.

“Sebagai kota kreatif berwawasan budaya, Denpasar siap menyukseskan PKB XLIII ini, tentunya kami berharap menjadi wahana puncak kreativitas seniman di masa pandemi,” harapnya.

Jaya Negara menyebutkan Kota Denpasar turut berpartisipasi dengan mengirimkan 14 duta kesenian yang semuanya telah siap untuk unjuk kebolehan di ajang PKB.

“Secara umum untuk duta sudah siap, ada yang sudah mengikuti perekaman, yang sudah mengikuti perekaman semuanya sukses tampil apik dan maksimal,” ungkapnya.

Tak lupa, ia turut mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menyukseskan PKB ke-43 ini.   (hum)