Tes GeNose Sudah Bisa Dilakukan di Terminal Mengwi Badung

Banner pemberitahuan tes GeNose Covid-19 di Terminal Mengwi.

BADUNG, PERSPECTIVESNEWS – Tes untuk mengetahui seseorang terinfeksi virus corona atau tidak dengan GeNose kini sudah bisa dilakukan di Terminal Tipe A Mengwi, Kabupaten Badung.

Hanya saja untuk sementara pelayanan GeNose dilakukan secara acak bagi calon penumpang.

Penumpang yang diduga terinfeksi Covid-19 akan dipanggil dengan melihat kondisi fisik terlebih dulu. Setelah dites barulah penumpang bisa melanjutkan perjalanannya.

Kordinator Satpel Terminal Tipe A Mengwi Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XII Bali, Achmad Erwin Rahadi SH menyatakan, pelayanan GeNose diutamakan di layanan terminal keberangkatan.

“Khusus di terminal keberangkatan dulu, tapi dengan sistem random,” ujarnya saat ditemui Senin (3/5/2021).

Tes Coivid-19 menggunakan GeNose akan diberikan secara gratis sampai 12 Mei 2021 mendatang. Penggunaan GeNose di Terminal Mengwi sudah diberlakukan dari sejak 12 April  2021 lalu.

Pihak terminal mengaku alat GeNose cukup terbatas. Yakni hanya 300 slot kantong sehingga dalam sehari hanya 10 penumpang yang bisa dilayani.

Tes GeNose hanya untuk calon penumpang Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Pelayanan dibuka mulai dari pukul 09.00 Wita sampai selesai. Jika sudah selesai dilakukan tes 10 orang maka pelayanan akan ditutup sementara dan dilanjutkan besoknya.

“Prokes tetap kita lakukan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Terutama untuk cek suhu dan mencuci tangan,” tegasnya. (red)