Walikota Hadiri Launching ‘Jejak Awal Hindu di Indonesia’ Karya Alm. Prof. Dr. IB Mantra

Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra sekaligus perwakilan keluarga saat menerima buku dari hasil desiminasi desertasi alm. Pro. Dr. IB Mantra berjudul Jejak Awal Hindu di Indonesia di Pendopo Hotel Inna Bali Heritage Denpasar, Selasa (29/12/2020).

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Serangkaian HUT Pascasarjana Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar, beragam kegiatan dilaksanakan. Kali ini, sebagai sumbangsih dalam mendukung terciptanya kemajuan pendidikan agama Hindu, secara resmi turut diluncurkan buku berjudul Jejak Awal Hindu di Indonesia di Pendopo Hotel Inna Bali Heritage Denpasar, Selasa (29/12/2020).

Hadir dalam kesempatan tersebut Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra sekaligus mewakili keluarga besar alm. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra. Dalam kesempatan tersebut secara langsung dilaksanakan bedah buku dengan menghadirkan pembedah yakni Prof. Dr. Nengah Duija dan Dewa Windu Sancaya.

Walikota Rai Mantra mengatakan pihaknya berterima kasih atas diluncurkannya buku berujudul Jejak Awal Hindu di Indonesia yang merupakan hasil deseminasi dari desertasi alm. Prof. Dr. IB Mantra.

Dengan diluncurkanya buku ini diharapkan mampu memberikan inspirasi dan pencerahan bagi masyarakat secara luas dalam memahami perjalanan agama Hindu.

“Tentunya kami mengucapkan terima kasih kepada Civitas Akademika UNHI yang bahu membahu sehingga buku ini dapat diluncurkan, semoga ke depan dapat memberikan kemanfaatan bagi masyarakat luas,” jelasnya.

Direktur Pascasarjana UNHI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Suka Yasa mengatakan, peluncuran buku ini merupakan persembahan dari pascasarjana UNHI untuk mendukung kemajuan pendidikan Hindu di Bali dan Indonesia. Keberadaan buku ini ke depan menjadi sangat penting untuk memberikan gambaran tentang peradaban agama Hindu di Indonesia.

“Buku ini lahir dari desiminasi karya Desertasi Alm. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra yang diharapkan mampu memberikan pencerahan dan gambaran akan peradaban Hindu di Indonesia,” jelasnya.

Wakil Rektor III UNHI Denpasar, Dr. I Wayan Muka mengaku bersyukur atas diluncurkanya buku Jejak Awal Hindu di Indonesia  ini. Hal ini merupakan sebuah bukti sumbangan karya literasi dari UNHI Denpasar.

Wayan Muka mengatakan bahwa karya ini bukanlah sesuatu yang mudah. Dimana berbagai tahapan serta proses panjang telah dilalui hingga sampai pada tahap peluncuran. Kedepan upaya penerjemahan akan terus dilaksanakan sehingga dapat memberikan inspirasi bagi umat Hindu Indonesia.

“Hal ini merupakan karya monumental dan akan menjadi rujukan bagi kita umat Hindu ke depannya, semoga dapat menjadi berguna bagi seluruh umat Hindu, khususnya masyarakat Bali,” pungkasnya. (hum)