97 Advokat Peradi Diangkat dan Disumpah Ketua Pengadilan Tinggi Denpasar

Pengadilan Tinggi Denpasar mengangkat dan mengambil sumpah 97 advokat.

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS Sebanyak 97 advokat anggota Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Denpasar diangkat dan disumpah di Pengadilan Tinggi Denpasar.

Acara diawali dengan Pengangkatan sebagai Advokat oleh Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradi dalam hal ini di wakili oleh Wakil Ketua Umum DPN Peradi Zaenal Marzuki, SH.MH dilanjutkan dengan penyumpahan advokat yang dilakukan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Denpasar Zaid Umar Bob Said, SH. MH.

Ada hal menarik dalam pengangkatan dan penyumpahan advokat kali ini, dimana penyumpahan dilakukan dalam tiga gelombang dan tiap gelombang terdiri dari 20 – 30an orang advokat karena mengikuti secara disiplin  dan ketat protokol kesehatan. Para advokat yang diangkat  dan disumpah menggunakan masker  dan face shield.

Dalam sambutannya Wakil Ketua Umum  DPN Peradi Zaenal Marzuki mengatakan acara pengangkatan ini wajib untuk dilaksanakan oleh DPN Peradi sebagai organisasi  advokat yang didirikan berdasarkan UU No. 18/2003 tentang Advokat.

Zaenal Marzuki mengingatkan bahwa dengan telah diangkatnya advokat ini maka diingatkan pada mereka untuk selalu taat pada AD/ART dan Kode Etik Profesi utk menjaga marwah advokat sebagai profesi yang Officium Nobile.

Sementara itu Ketua DPC Peradi Denpasar Budi Adnyana didampingi oleh Sekretaris DPC Peradi Denpasar Fredrik Billy mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Ketua PT Denpasar Zaid Umar Bobsaid yang telah berkenan melaksanakan penyumpahan di era pandemi Covid-19 walau dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan disiplin.

Menurut Budi Adnyana, pengangkatan dan penyumpahan ini sebenarnya sempat tertunda 4 bulan, karena sebenarnya jadwalnya adalah pada awal bulan Maret 2020. Di antara 134 DPC Peradi se-Indonesia sampai hari ini baru DPC Peradi Denpasar dan Jambi yang mampu melaksanakan penyumpahan di era pandemi Covid-19.

“Dengan diangkat dan disumpahnya 97 advokat ini maka anggota DPC Peradi Denpasar anggotanya sudah hampir menembus 1.000 advokat yang tersebar di seluruh Bali,“ pungkas Budi Adnyana.

Sementara Fredrik Billy menyatakan bahwa DPC Peradi Denpasar saat ini mulai tanggal 25 Juli 2020 sudah membuka kembali pendaftaran pengangkatan dan penyumpahan, karena cukup banyak calon advokat yang meminta untuk diselenggarakan lagi pengangkatan dan penyumpahan.

“Di samping itu kita juga saat ini telah membuka pendaftaran untuk PKPA online di FH Undiknas dan FH Udayana,” pungkas Fredrik Billy. ris