Satpol PP Denpasar Tertibkan Pedagang Pasar Rakyat Tekan Penularan Covid-19

Satpol PP Denpasar menertibkan pedagang pasar rakyat dan pasar tumpah.

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS Memasuki tatanan kehidupan era baru atau new normal, Satpol PP Kota Denpasar melakukan penertiban terhadap kepatuhan penerapan protokol kesehatan di pasar rakyat dan pasar tumpah yang ada. Kali ini  penertiban dilakukan di Pasar Sanglah, Pasar Pemeregan dan Pasar Ketapian. Hal ini disampaikan Kasatpol PP Kota Denpasar I Dewa Gede Anom Sayoga saat dihubungi Jumat 10 Juli 2020.

Ia mengatakan, penertiban ini merupakan bagian dari penegakan peraturan tentang protokol kesehatan  untuk menekan penularan Covid-19.  Pihaknya membuat pos pantau di beberapa titik pasar terutama yang sulit dikendalikan, dengan melibatkan unsur-unsur terkait lainnya seperti Babinsa, Babinkambtibmas, pengelola pasar dan unsur desa adat yang mewilayahi pasar rakyat tersebut.

Saat menertibkan pedagang pasar tumpah pihaknya dibantu Palang Merah Indonesia dengan melakukan penyemprotan disinfektan menggunakan mobil. Menurutnya, pembubaran pasar tumpah atau kerumunan yang tidak bisa terkendali sangat efektif dilakukan  dengan penyemprotan disinfektan.

“Ketika ada kerumunan yang tidak terkendali maka upaya yang efektif adalah membubarkannya dengan penyemprotan disinfektan,” ungkapnya.

Bagi pedagang yang melanggar pihaknya telah melakukan pembinaan, meskipun demikian ternyata ada masih pedagang yang membandel. Sebagai efek jera maka langkah selanjutnya adalah sidang tipiring.

Dari sekian kali penertiban, Sayoga mengaku ada 5 orang yang akan disidang tipiring. Dari 5 orang tersebut telah melakukan pelanggaran beberapa kali dan telah mendapat pembinaan dari berbagai pihak seperti Disperindag Kota Denpasar, Dinas Perhubungan.

Menekan penularan Covid-19 Sayoga mengaku terus melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan yakni selalu menggunakan masker, menjaga jarak, rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. hum