Coach Teco Tidak Mendampingi Skuat Bali United ke Singapura, Ini Penyebabnya

Emral Abus (tengah) didampingi Eko Purdjianto (kiri) setibanya di Singapura. (FOTO: laman butd)

Denpasar, PERSPECTIVESNEWS Ada hal ganjil yang terjadi saat konferensi pers sehari menjelang laga Bali United melawan tuan rumah Tampines Rovers, Senin (13/1/2020). Dalam kesempatan itu, kursi pelatih kepala yang biasanya ditempati Stefano ‘Teco’ Chugurra, kini digantikan Emral Abus. Siapa sebenarnya Emral Abus ini dan mengapa ia tiba-tiba menjadi pelatih kepala Bali United di kompetisi preliminary 1 Liga Champions Asia 2020 ini?

Dalam rilis resmi yang diberikan Bali United, manajemen memastikan Emral Abus akan berstatus sebagai pelatih kepala Bali United di kompetisi Asian Champions Leuague yang diikuti tahun ini. Hal tersebut disampaikan CEO Bali United, Yabes Tanuri hari Senin (13/1/2020).

 “Untuk kompetisi di Asia tahun ini, Coach Emral Abus akan menjabat sebagai pelatih kepala Bali United. Nah, mengapa tidak Coach Teco? Ada sedikit persoalan dari lisensi kepelatihan Coach Teco yang membuatnya secara administrasi tidak bisa didaftarkan sebagai pelatih kepala. Jadi kami putuskan untuk memasukkan dan mendaftarkan Coach Emral Abus sebagai pelatih kepala kami,” ujar Yabes Tanuri.

 Menurut Yabes, Coach Emral Abus sendiri sudah bergabung dengan skuad Bali United di Singapura pada hari Minggu lalu. Walaupun begitu, secara teknis tim tetap sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari Coach Teco. “Kami rasa juga, secara teknis permainan tidak akan mengganggu persiapan yang sudah dilakukan Coach Teco selama ini,” imbuhnya.

 Emral Abus sendiri lahir di Lubuk Nyiur, Sumatera Barat, 20 Desember 1958. Dirinya di kancah persepakbolaan Indonesia lebih dikenal sebagai instruktur pelatih. Dalam kariernya sebagai instruktur pelatih, Emral telah melahirkan banyak pelatih sepak bola ternama di Indonesia, seperti Djadjang Nurdjaman, Indra Sjafri, Aji Santoso, Nil Maizar, Jafri Sastra, dan pelatih ternama lainnya. Ia juga merupakan salah satu instruktur AFC di Indonesia.

 Namun walaupun begitu, Emral Abus juga sempat ditunjuk sebagai pelatih Persib Bandung pada pertengahan musim kompetisi tahun 2017 lalu. Pada tahun 2015 lalu, ia juga menjabat sebagai pelatih kepala Persib saat berkiprah di Piala AFC 2015.(rup)